P. Raya

Pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng

PALANGKA RAYA - Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) M. Katma F. Dirun mewakili Gubernur Kalteng menghadiri Pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov. Kalteng oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Filianingsih Hendarta, bertempat di Aula Kantor Perwakilan BI Prov. Kalteng.

Plt. Sekda M. Katma F. Dirun saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi dan seluruh masyarakat Kalteng mengucapkan terima kasih kepada Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov. Kalteng Taufik Saleh. “Selama satu tahun lebih, beliau telah menunjukkan dedikasi luar biasa dalam menjalankan tugasnya sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah. Pengabdian dan kerja sama yang beliau bangun sangat berharga bagi kami, dan semoga segala jerih payahnya selama ini dicatat sebagai amal ibadah yang diberkahi”, tutur Plt. Sekda Kalteng.

Plt. Sekda juga mengucapkan selamat kepada Yuliansah Andrias, yang telah resmi dikukuhkan sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Prov. Kalteng yang baru. “Saya yakin ke depan, di bawah kepemimpinan bapak, sinergi yang telah terjalin dengan baik, akan semakin kuat dan membawa manfaat yang lebih besar bagi perekonomian Kalimantan Tengah. Saya senantiasa menantikan kerja sama dan koordinasi Bapak ke depan, untuk turut mendukung percepatan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di wilayah Kalimantan Tengah”, ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Katma mengutarakan  Pemprov Kalteng siap berkolaborasi dalam penyusunan program, kajian dan rekomendasi kebijakan ekonomi, pemberdayaan UMKM, kemandirian pangan, serta dukungan elektronifikasi transaksi pembayaran pemerintah daerah melalui Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah. Sehingga mampu mendukung akselerasi ekonomi daerah, hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya pengguna dan transaksi QRIS setiap tahunnya.

Selain itu, dalam hal pengendalian inflasi, Bank Indonesia bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) telah dan terus bahu membahu menjaga stabilitas harga di wilayah Kalteng agar tetap terkendali, di tengah peningkatan harga-harga yang terjadi akibat kenaikan energi dan pangan.

Ia mengatakan yakin sinergi Pemerintah dan BI melalui pelaksanaan program GNPIP seperti operasi pasar, diversifikasi pangan, peningkatan kapasitas melalui capacity building TPID, serta pemberian bantuan produksi dan alat serta mesin pertanian dapat terus berjalan dan meningkat.

Lebih lanjut disampaikan, dalam upaya mendukung UMKM dan sektor pariwisata Kalteng, Pemprov Kalteng  sangat mengapresiasi kontribusi Bank Indonesia, baik dalam bentuk rekomendasi dan asesmen kebijakan, festival dan promosi, hingga dukungan sarana dan prasarana. Dalam bidang infrastruktur, Prov. Kalteng telah melaksanakan terobosan strategis, melalui program multiyears untuk pembangunan dan peningkatan ruas jalan, membuka isolasi daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

M. Katma juga mengutarakan dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi Kalteng, ke depan akan tetap berfokus pada pengembangan potensi sumber daya alam Kalteng yang melimpah serta mendukung pariwisata daerah yang saat ini tengah tumbuh.

Selain itu, juga akan mendorong akselerasi investasi daerah dan mendukung pengembangan Program Strategis Nasional (PSN) di Kalteng yang akan berdampak pada ekonomi daerah, diantaranya, Program Cetak Sawah 2024, Food Estate, Shrimp Estate, Kawasan Industri, Kawasan Ekonomi Khusus, Pengembangan Proyek Pariwisata Taman Nasional,  dan Pembangunan Pelabuhan Utama.

 

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments