P. Raya

Rapat Evaluasi Kinerja Petugas Antar Kerja Tahun 2024

PALANGKA RAYA - Plh Staf Ahli (Sahli) Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Ahmad Husain mewakili Plt. Sekda Prov. Kalteng membuka secara resmi Rapat Evaluasi Kinerja Petugas Antar Kerja Tahun 2024, bertempat di Hotel Aurila Palangka Raya.

Sahli Gubernur Ahmad Husain saat membacakan sambutan tertulis Plt. Sekda Prov. Kalteng menyampaikan kegiatan Evaluasi Petugas Antar Kerja bertujuan untuk meningkatkan kualitas kompetensi petugas antar kerja serta meningkatkan kualitas pelayanan perantaraan kerja bagi pencari kerja (pencaker) dan pengguna tenaga kerja (perusahaan). 

“Peningkatan kompetensi Petugas Antar Kerja sangat penting, karena mereka harus bisa berperan sebagai garda terdepan dalam akses informasi pasarkerja untuk meningkatkan penyerapan danpenempatan tenaga kerja di dunia usaha dan industri sekaligus pencegahan kasus Pekerja Migran Indonesia non prosedural”, tuturnya.

Menurutnya, petugas Antar Kerja perlu membangun jaringan ke Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) untuk mengetahui tren industri ke depan. Sehingga bisa membuat Job Future Analysis dan menyesuaikan kurikulum di SMK serta SMA maupun Perguruan Tinggi serta melengkapi dengan sertifikat kompetensi sehingga ketika tamat, lulusan SMK dan SMA tidak perlu mengikuti pelatihan tambahan dan bisa langsung terserap ke dunia industri.

Lebih lanjut disampaikan, petugas Antar Kerja berperan sebagai garda terdepan bagi alumni SMK dan SMA maupun Perguruan Tinggi untuk mengakses informasi pasar kerja. Oleh karena itu, petugas antar kerja harus selangkah lebih maju dari sisi informasi dan pengalaman agar bisa diterukan ke masyarakat yang membutuhkan.

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments