P. Pisau

Peningkatkan Jalan Mulyasari Dilakukan Bertahap

PULANG PISAU - Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pulang Pisau Dr Usis I Sangkai menyatakan siap menganggarkan dana untuk peningkatan akses jalan menuju persawahan warga di Desa Mulyasari, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau dalam rangka menunjang pengembangan kawasan Food Estate di wilayah itu.

“Kita sudah memantau langsung bersama Ibu Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang ke titik jalan yang diusulkan warga Desa Mulyasari, yaitu jalan menuju persawahan sepanjang kurang lebih 3 Km. Kondisi jalan tersebut memang perlu ditingkatkan untuk mendukung pengembangan kawasan Food Estate di wilayah Desa Mulyasari ini,” kata Usis.

Menurut Usis, anggaran untuk peningkatan ruas jalan perkerasan (base course) menuju persawahan di Desa Mulyasari rencananya akan dialokasikan melalui APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021, meskipun tidak dapat maksimal sepanjang 3 Km ditingkatkan, namun akan dilanjutkan di APBD TA 2022.

“Setidaknya membutuhkan dana sebanyak Rp 5 Milyar sampai perkerasan jalan selesai, tapi ini akan kita upayakan bertahap dimulai dari APBD Perubahan TA 2021, dilanjutkan melalui APBD TA 2022,” ujar Usis lagi.

Ditambahkannya, jika jalan menuju persawahan di Desa Mulyasari ini ditingkatkan, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan jalan ini untuk mengangkut hasil pertanian menuju jalan poros antar desa yang telah dibangun melalui APBD Provinsi Kalteng yang menghubungkan Desa Kantan Muara-Mulyasari-Pangkoh Sari.

Dikatakan Usis, sesuai keinginan Bupati Pulang Pisau Pudjirsutaty Narang, bahwa kawasan Desa Mulyasari ini akan dijadikan perluasan kawasan Food Estate di Kecamatan Pandih Batu, yakni berada di seberang wilayah Food Estate yang sekarang sedang digalakkan.

“Guna mendukung perluasan kawasan Food Estate ini dan pemerataan pembangunan infrstruktur pertanian, memang perlu ditingkatkan sejumlah infrastruktur penunjang, salah satunya adalah akses jalan menuju persawahan warga di Desa Mulyasari, tentu kita berkomitmen untuk memenuhi usulan warga ini,” tegasnya.

 

 

(Antang)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments