P. Raya

Peninjauan Progres Ruang Terbuka Hijau (RTH)

PALANGKA RAYA - Peninjauan progres pembangunan Bundaran Besar dan Menara, serta pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH), yang berada di kawasan Bundaran Besar Palangka Raya, Selasa (13/8/2024).

Menurut Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, dalam kurun waktu kepemimpinan 5 (lima) tahun tidak gampang untuk menyelesaikan program-program pembangunan, dan seorang Kepala Daerah baik Gubernur maupun Wali Kota harus memperhatikan pentingnya SDM, kesehatan dan pembangunan ekonomi,. “Namun kalau 8 (delapan) tahun semua progam itu pasti akan selesai”, kata Gubernur Kalteng.

Disebutkannya pula, bahwa saat ini APBD Kalimantan Tengah hampir menyentuh angka 10 triliun, dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga meningkat ditambah lagi dengan PAD Batubara sehingga berada di angka 4 – 5 triliun, maka untuk itu diperlukan kepala daerah, yang betul-betul mampu melaksanakan program-program pembangunan tersebut.

Selanjutnya, dengan melihat sumber daya yang ada di Kalimantan Tengah, khususnya sumber daya alam, ia mengharapkan Gubernur dan Wali Kota berikutnya, bisa mengupayakan agar lahan tidur yang ada di Kota Palangka Raya bisa menjadi lahan produktif. “Dalam jangka pendek lahan ini bisa kita tanami cabe, pare, bawang merah, dan untuk jangka panjang hilirisasi seperti pengolahan jagung bisa kita lakukan di Palangka Raya”, ujarnya.

Sementara ditempat yang sama kepala PUPR H. Shalahuddin mengatakan ,pembangunan bundaran besar sudah 100% tinggal pembenahan penambahan untuk taman. “Untuk fasilitas bundaran besar untuk umum nanti diatur oleh sekda, Dispenda tentunya juga ada dipungut pembayaranya, dan nanti diatur berapa orang yang naik,"ucapnya.

Untuk naik kemenara bundaran besar, dengan kapasitas muat lima menggunakan  lif, dan sekarang ditambah minimum delapan orang.

Lebih lanjut  Shalahuddin mengatakan, target pembangunan RTH-nya ada dua tahap pertama menyelesaikan kontruksi dengan jembatan penyeberangan ditahun 2025 pertengahan sudah selesai.

Ia menambahkan, tinggi bundaran besar 40 Meter, lantai bawahnya 17 lantai, semuanya sudah 100 % pembangunanya tinggal penambahan penambahan saja seperti Tamam,"tutup Shalahuddin.

Turut hadir mendampingi peninjauan tersebut,Kepala Discominfosantik,  Kepala Perangkat Daerah terkait, Ketua PWI, Ketua IJTI, Ketua AMSI dan sejumlah awak media yang ada di Palangka Raya.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments