P. Pisau

Penutupan Pulang Pisau Fair 2024: Dorongan untuk Kreativitas dan Pelestarian Budaya Lokal

PULANG PISAU - Adanya ajakan kepada masyarakat untuk terus mengembangkan kreativitas dan inovasi di berbagai bidang guna meningkatkan daya saing sumber daya manusia di kabupaten Pulang pisau, hal terrsebut disampaikan oleh Penjabat Bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani.

Ajakan ini disampaikan dalam sempena rangkaian perayaan HUT ke-22 Kabupaten Pulang Pisau dan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. Nunu menegaskan pentingnya memanfaatkan momentum ini untuk mempromosikan potensi daerah serta budaya lokal kepada masyarakat yang berskala lebih lua bukan hanya masyarakat lokal saja.

Dalam sambutan saat menutup Pulang Pisau Fair 2024, Nunu Andriani menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pelaku usaha dan UMKM di daerah. Selain sebagai sarana hiburan masyarakat, acara tersebut berkontribusi positif terhadap perekonomian lokal. Pemerintah daerah, lanjutnya, berupaya menyediakan ruang publik yang lebih luas agar UMKM dapat berkembang dan dikenal hingga kancah nasional maupun internasional, dalam artian mampu bersaing keluar dengan inovasi inovasi baru.

Nunu juga mengimbau masyarakat untuk terus mencintai serta menggunakan produk lokal, yang dinilai akan berdampak langsung pada peningkatan ekonomi masyarakat serta kesejahteraan umum. Selain Pulang Pisau Fair 2024, festival budaya yang digelar menampilkan berbagai lomba budaya lokal seperti lomba karungut, tarian daerah, dan lagu daerah. Kegiatan ini, menurut Nunu, penting untuk melestarikan budaya daerah agar tetap hidup dan dikenal generasi mendatang.

Tegas ia mengatakan dengan adanya pelestarian budaya lokal adalah merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat, ada kesinergian antara keduanya. Warisan budaya lokal harus dijaga untuk menghormati leluhur dan memperkuat jati diri bangsa, serta bisa menjadi daya tarik wisata yang potensial bagi Kabupaten Pulang Pisau. Ia mengingatkan pentingnya menjaga budaya lokal agar tidak tergerus oleh budaya asing di era globalisasi ini.

Ketua Panitia HUT ke-22 Kabupaten Pulang Pisau dan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Usis I Sangkai, menyampaikan harapannya bahwa rangkaian kegiatan ini dapat membuat Kabupaten Pulang Pisau lebih dikenal luas. Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mendukung pembangunan yang lebih baik dan mewujudkan Pulang Pisau yang maju dan sejahtera.

 

(Marselinus)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments