P. Pisau

Penyusunan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan Pulang Pisau Tahun 2024

PULANG PISAU – Bertempat di aula kantor DKP dan dihadiri oleh perwakilan dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Pulang Pisau menggelar rapat penyusunan Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan (FSVA) untuk tahun 2024.

FSVA adalah alat penting yang menyediakan informasi akurat dan komprehensif tentang kondisi ketahanan dan kerentanan pangan. Data yang dikumpulkan akan diolah menjadi peta visual untuk mempermudah pemahaman terkait kondisi pangan di Kabupaten Pulang Pisau. Hal tersebut diungkapkan secara langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DKP Pulang Pisau, Edi P Casmani, melalui Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Beni.

Beni menambahkan bahwa pemerintah, baik pusat maupun daerah, memiliki kewajiban untuk membangun dan mengembangkan sistem informasi pangan dan gizi yang terintegrasi. Sistem ini sesuai dengan amanat dari berbagai regulasi, termasuk Permendagri nomor 18 tahun 2020 dan peraturan lainnya yang terkait dengan evaluasi kinerja pembangunan pangan daerah.

Dimana FSVA ini nantinya akan digunakan untuk mengidentifikasi wilayah-wilayah yang rentan terhadap kerawanan pangan. Peta ini juga akan memberikan rekomendasi bagi pemerintah daerah dalam mengambil langkah-langkah penanganan dan pencegahan terhadap kerentanan pangan yang ada.

Selain itu, Beni juga menekankan pentingnya ketersediaan pangan, baik dari hasil produksi dalam negeri, cadangan pangan, maupun sumber lain seperti impor dan bantuan pangan, apabila diperlukan. Ia berharap peta FSVA yang disusun dapat menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan pangan di Kabupaten Pulang Pisau.

 

(Marselinus)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments