Kalteng

Peranan Generasi Muda dalam pelestarian Budaya Lokal

PURUK CAHU,– Olivia Owiswanti sebagai  Anggota Komisi I DPRD Murung Raya, mengatakan  pelestarian budaya lokal bisa terus dilakukan dengan terus merekrut generasi muda agar menjadi pewaris budaya lokal daerahnya.

Pelestarian budaya lokal dan adat istiadat khususnya yang dimiliki oleh Kabupaten Murung Raya harus dilakukan semua pihak di berbagai lini. Jadi tidak mungkin hanya bisa dilakukan segelintir orang.

Meskipun budaya lokal tidak mungkin statis apalagi dengan semakin berkembangnya zaman yang tanpa kita sadari mulai tergerus perkembangan, terlebih saat trend budaya luar masuk ke daerah tersebut .

Dia menjelaskan pada Kamis (18/8/2022), “Dengan beragamnya Budaya yang kita miliki ini, dapat dikatakan bnyak generasi muda  saat ini  yang tidak mengetahui kebudayaan dan adat istiadat yang dimiliki daerahnya sendiri. Kebudayaan kita sebenarnya sangat lengkap, untuk seni bela diri, tari-tarian dan juga budaya adat lainnya.

Untuk melestarikan budaya yang dimiliki daerah ini dari tahun ke tahun ada generasi penerusnya, maka pihak terkait harus benar-benar dapat memberikan wadah, serta keterlibatan para invensor sebagai pihak ketiga dalam mendukung kesenian dan budaya daerah setempat.

Tambahnya lagi “Pentingnya  dalam perkembangan memajukan suatu daerah di tengah peradaban dunia dan menjadikan kebudayaan sebagai investasi untuk membangun masa depan. Keberagaman kebudayaan daerah merupakan kekayaan dan identitas daerah yang sangat diperlukan untuk memajukan Kebudayaan Nasional di tengah dinamika perkembangan dunia,”

Menjaga dan melestarikan budaya lokal yang ada dalam masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara. Beberapa cara yang dapat dilakukan oleh seorang anggota masyarakat khususnya kita sebagai generasi muda dalam mendukung kelestarian budaya dan ikut menjaga budaya lokal diantaranya adalah dengan tertarik mau mempelajari budaya lokal tersebut.

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments