Katingan

Peringatan HUT RI, di Katingan, Gubernur Warning Soal Karhutla

KATINGAN – Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia di Kabupaten Katingan, Gubernur Kalimantan Tengah melalui sambutannya yang dibacakan Bupati Katingan Sakariyas, ingatkan soal bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Dikatakan Sugianto Sabran, berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geologi (BMKG) Puncak musim panas terjadi Agustus, sehingga kewaspadaan perlu dilakukan disetiap kabupaten/kota melalui pimpinan daerah.

“Semua elemen masyarakat, terutama pemerintah lewat Bupati dan Walikota, agar waspada terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah masing-masing,” Ungkap Gubernur lewat sambutannya yang dibacakan Bupati Sakariyas, saat bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT RI ke 77 di halaman kantor Bupati, Rabu (17/8/2022).

Lebih lanjut, Sabran berharap instansi-instansi terkait selalu mempersiapkan diri dalam menghadapi musim kemarau, sehingga bencana kebakaran dan asap tidak terjadi di Kalimantan Tengah.

“Kita upayakan, daerah kita bisa bebas dari asap,” Ujarnya. Bahkan secara tegas di katakan Sabran, Bupati, Walikota sesuai surat Gubernur 2 Agustus 2022, memerintahkan untuk menetapkan status siaga darurat Karhutla diwilayah masing-masing.

“Kita akan segera menetapkan status darurat Karhutla sesuai surat Gubernur 2 Agustus 2022,” jelas Bupati Sakariyas. 

Selaku Bupati Katingan, Sakariyas berharap, masyarakat tetap waspada, sekalipun curah hujan diwilayah Katingan masih terjadi, bahkan beberapa waktu lalu menyebabkan terjadinya banjir, terutama daerah Katingan Tengah, namun Karhutla wajib diwaspadai secara bersama-sama.

“Selain tanggungjawab pemerintah, masyarakat juga saya ajak untuk bersama-sama menghindari kegiatan-kegiatan yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran hutan maupun lahan,” Tandasnya. 

(Nofriyanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments