P. Raya

Perkembangan UMKM Ekonomi Syariah Di Kalteng

PALANGKA RAYA  - Sekretaris Daerah Katma F.Dirun Menghadiri Pelantikan Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kalteng Periode 1446-1451 H, bertempat di Aula Eka Hapakat (AEH) LT. III Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (9/10/2024).

Pelantikan dilakukan oleh Sekretaris IV Pengurus Pusat MES Teguh Santosa mewakili Ketua Umum Pengurus Pusat MES Erick Thohir. Ketua PW MES Kalteng yang baru dilantik yakni Norhani yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalteng menggantikan Ketua.

Plt. Sekda HM Katma F. Dirun saat membacakan Perayaan tertulis Gubernur Kalteng mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran Pengurus Wilayah MES Provinsi. Kalteng yang baru saja dilantik. Ia juga menyampaikan penghargaan tinggi, kepada Pengurus MES periode sebelumnya, atas dedikasi dan kerja keras dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Peran MES bukan sekedar organisasi, melainkan mitra strategis bagi Pemerintah daerah dalam pembangunan ekonomi 

Pada kesempatan tersebut, ia mengajak semua pihak untuk mewujudkan program-program yang inovatif dan berdaya saing guna mendukung perkembangan ekonomi syariah, khususnya di Kalteng. 

“Saya percaya, bahwa ruang kolaborasi antara Pemerintah Daerah dan MES, akan menjadi landasan yang kokoh dalam menumbuhkan dan mengembangkan ekonomi syariah bagi masyarakat. Dengan sinergi yang kuat, kita dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, demi terwujudnya Kalimantan Tengah yang semakin BERKAH”, tandasnya.

Sekretaris IV Pengurus Pusat MES Teguh Santosa dalam sambutannya berharap kepada Pengurus Wilayah MES Kalteng untuk dapat merancang program kerja yang selaras dengan arah kebijakan yang telah ditetapkan oleh Pengurus Pusat MES. Disampaikannya, dari hasil Rapat Konsolidasi Wilayah MES Se-Kalimantan yang dilaksanakan pada Tanggal 6-7 September 2024 di Pontianak, telah dibahas dan disepakati beberapa program strategi kerja baik dalam lingkup Kalimantan maupun nasional. 

Salah satu program kerja yang disepakati, yaitu menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan terkait sertifikasi halal bagi UMKM berikut dengan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pelaku UMKM, serta Pelatihan Pendamping PPH dan Pendampingan Sertifikasi Halal. 

Diharapkan program-program tersebut dapat dilaksanakan dan tidak hanya terfokus pada target jangka pendek, tetapi juga memberikan dampak yang lebih luas, serta keinginan bagi kemajuan ekonomi dan keuangan syariah secara menyeluruh. Kami juga berharap Pengurus Wilayah MES Kalimantan Tengah dapat membina dan menjadi contoh MES Wilayah yang bergerak secara progresif dalam memberikan kontribusi nyata dalam ekonomi dan keuangan syariah bagi Pengurus Daerah di Provinsi Kalimantan Tengah”.

Sementara itu, Ketua PW MES Kalteng Norhani usia dilantik mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terbentuknya kepengurusan ini. “Ini adalah amanah besar yang diberikan kepada kami, dan dengan penuh tanggung jawab kami siap melaksanakan tugas untuk memajukan perekonomian syariah di Kalimantan Tengah”, tutupnya.

Turut hadir Unsur Forkopimda Provinsi Kalteng, sejumlah Kepala Instansi Vertikal dan Kepala OPD Provinsi Kalteng, Pengurus Daerah MES Kabupaten/Kota se-Kalteng, Pengurus Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah Kalteng, Perwakilan PT Pertamina dan Bank Syariah Indonesia (BSI), Pimpinan Lembaga Mitra Kerja Sama, serta Tokoh Masyarakat, Organisasi Keagamaan, Sosial Kemasyarakatan, dan Kepemudaan Kalteng.

 

(Era Suhertini)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments