P. Raya

Peninjauan Fasilitas Unggulan Pembangunan Sektor Peternakan Dan Pertanian

PALANGKA RAYA - Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kalimantan Tengah, Hj. Sunarti melakukan peninjauan ke UPT. Balai Pengujian Mutu Pakan, Pembibitan, dan Hijauan Makanan Ternak (BPMPPHMT), Selasa (8/10/2024). 

Peninjauan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan dan kemajuan fasilitas yang sedang dalam masa pembangunan berjalan dengan lancar guna mendukung sektor peternakan dan pertanian modern di Kalimantan Tengah.

Pada kesempatan ini, Sunarti berkeliling untuk meninjau secara detail pembangunan pada lokasi tersebut, termasuk area parkir, jalan, dan lahan yang akan dibangun mushola.

Nantinya mushola yang dibangun akan dilengkapi dengan ruang untuk bercengkrama, yang akan menghadap ke area yang ditanami sehingga pemandangannya indah dan asri serta akan dilengkapi dengan toilet khusus perempuan dan laki-laki untuk menunjang kenyamanan.

Dalam peninjauan tersebut, beberapa fasilitas unggulan menjadi fokus perhatian, termasuk Smart Green House yang dirancang untuk memaksimalkan produksi pertanian secara modern dan berkelanjutan yang rencananya akan ditanami cabai dan melon.

Selanjutnya, Sunarti juga meninjau Kandang Ayam Kalimantan Super (Kalper), yang memiliki keunggulan pertumbuhan lebih cepat dibandingkan ayam biasa, serta Apartemen Ayam Petelur. Tak lupa, Sunarti meninjau fasilitas Hatchery yang akan mendukung proses penetasan bibit unggas secara efisien.

“Apartemen ayam petelur nantinya akan mampu menampung 12.000 ayam yang akan menghasilkan sekitar 600 kilo gram telur per harinya," tutup Sunarti.

Dengan adanya pembangunan pada area UPT. Balai Pengujian Mutu Pakan, Pembibitan, dan Hijauan Makanan Ternak (BPMPPHMT) diharapkan mampu meningkatkan produktivitas dan inovasi dalam sektor peternakan dan pertanian modern di Kalimantan Tengah.

 

(Era Suhertini)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments