Kalteng

Perlu Tindakan responsive dari Pemkab Murung Raya terhadap meningkatnya kasus Gastroenteritis di RSUD Puruk Cahu

Puruk Cahu – Ketua DPRD Murung Raya meminta agar Pemerintah Kabupaten MurUNG Raya melalui instansi terkait responsif terhadap meningkatnya kasus gastroenteritis dalam beberapa waktu terakhir ini di RSUD Puruk Cahu.

Gastroenteritis atau disebut juga penyakit yang menginfeksi usus yang ditandai dengan gejala diare, kram, mual, muntah, dan demam. Oleh karena itu ia meminta agar pelayanan di RSUD Puruk Cahu tetap dimaksimalkan, sehingga mampu menampung pasien yang sedang terkena penyakit Gastroenteritis dengan bertindak cepat.

“Himbauan pada hari Rabu (31/8/2022), Kami meminta  agar masyarakat tetap senantiasa menerapkan perilaku hidup sehat, dan jika ada keluarga yang terkena Gastroenteritis atau muntaber bisa langsung diperiksakan ke pelayanan kesehatan terdekat,” jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Mura perlu segera merespons kondisi ruang rawat inap yang di RSUD Puruk Cahu yang sudah penuh tersebut, sehingga mampu menemukan solusi sebagai bagian dari antisipasi jika kasus gastroenteritis mengalami lonjakan dan pasien memerlukan rawat inap, ujarnya lanjut.

“Setelah ujian Panjang melewati pandemi covid-19 dengan berbagai macam strategi kebijakan. Saat ini Direktur RSUD Puruk Cahu mengatakan bahwa ruang rawat inap sudah penuh, maka kita perlu cari solusi bersama, agar mampu menjawab permasalah tersebut. Misalnya saja bisa menggunakan gedung yang dulu digunakan untuk ruang isolasi mandiri ketika pandemi, yang tentu dengan beberapa modifikasi bisa digunakan sebagai ruang rawat inap bagi pasien gastroenteritis.” Tutupnya lagi.

(Ady Natha)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments