P. Raya

Pertemuan Koordinasi Pelayanan Kesehatan Tingkat Propinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022.

PALANGKA RAYA - Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Tengah melalui bidang pelayanan kesehatan melakukan pertemuan sosialisasi pelayanan kesehatan Tahun 2022. Bertempat Di Hotel Aquarius Hotel Palangka Raya, Kamis 28 Juli 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Kalimantan Tengah Dr. dr. Suyuti  MPPM dalam sambutannya mengatakan,  seiring dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Kesehatan  Repblik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 Tanggal 7 Februari 2022, tentang organisasidan tatakerja Kementerian , maka susunan Organisasi di Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pun mengalami beberapa perubahan, sesuai dengan Permenkes  yang baru., Struktur Organisasi yang baru.

Di propinsi Kalimantan Tengah, bidang pelayanan kesehatan terbagi menjadi tiga (3) seksi yaitu,  Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan, Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Dan Kegawatan daruratan serta seksi mutu. 

“Fasilitas Pelayanan saat ini berada di bawah seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan” imbuhnya.

Dengan adanya perubahan ini,  ada beberapa penyesuaian yang mungkin akan dilakukan, diantaranya pergeseran beberapa kegiatan program. 

Saat ini Kalimantan Tengah mempunyai 31 Rumah Sakit yang terakredirasi di Kementerian Kesehatan. Dari 31 Rumah Sakit tersebut, ada 1 RSUD lainnya dijadikan Rumah Sakit Rujukan Propinsi, dan 3 RSUD lainnya dijadikan sebagai RS Rujukan Regional ini, 

Menunjukan bahwa sistem rujukan antar Rumah Sakit telah mempunyai arah kebijakan yang cukup baik,  Puskesmas di Kalimantan Tengah yang telah terakreditasi berjumlah 204 buah atau 97 persen.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments