P. Raya

Pertumbuhan Ekonomi Kalteng Tertinggi Di Sektor Pertamba-Ngan Dan Penggalian

PALANGKA RAYA  - Pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan tengah pada 2022 secara kumulatif tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 6, 45 persen. Adapun lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan ekonomi tertinggi masih dari sektor Pertambangan dan Penggalian.

Kepala Badan pusat statistik Provinsi Kalimantan Tengah Eko Marsoro dalam rilis-nya pada senin 6 Februari 2023 menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Kalimantan Tengah pada tahun 2022 secara kumulatif tumbuh sebesar sebesar 6, 45 persen. hal itu terjadi pada seluruh lapangan usaha.

Adapun Lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan tertinggi yaitu sektor Pertambangan dan Penggalian sebesar 15,74 persen, disusul oleh Jasa Perusa-haan sebesar 10,23 persen dan Transportasi dan Pergudangan sebesar 9,59 persen.

Kuatnya ekonomi Kalteng juga di topangi oleh Lapangan Usaha Pertanian, Kehuta-nan, dan Perikanan yang memiliki peran dominan mengalami pertumbuhan sebesar 3,73 persen.

Selain itu Eko juga mengatakan struktur Produk Domestik Regional Bruto Kaliman-tan tengah menurut lapangan usaha atas dasar harga berlaku tahun 2022 berbeda dari tahun sebelumnya. Perekonomian Kalimantan Tengah masih didominasi oleh Lapangan Usaha Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan sebesar 20,47 persen, diikuti oleh Pertambangan dan Penggalian sebesar 16,32 persen, Industri Pengolahan sebesar 15,55 persen, serta Perdagangan Besar Eceran, Reparasi Mobil dan Sepeda Motor sebesar 11,91 persen.

Kemudia dari sisi pengeluaran Eko mengatakan Pertumbuhan terjadi pada hampir semua Komponen Pengeluaran. Pertumbuhan tertinggi terjadi pada Komponen Ekspor Barang dan Jasa sebesar 20,23 persen diikuti oleh Pengeluaran Konsumsi Lembaga Non Profit yang melayani Rumah Tangga atau (LNPRT) sebesar  3,92 persen.

(Fardoari Reketno)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments