Nasional

Pesan Megawati Kepada Peserta KKN, Megawati: Anak-anakku, Rawatlah keberagaman Indonesia

Palangka Raya - Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Prof. Dr (HC) Megawati Soekarnoputri membuka program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan Tahun 2022 yang dipusatkan di Universitas Palangkaraya, Kalimantan Tengah , Minggu (17/7/2022).

“Saya titipkan untuk anak-anakku, yang menjadi peserta KKN Kebangsaan Tahun 2022; Rawatlah keberagaman Indonesia,” kata Megawati dalam video yang diputarkan di acara pembukaan.

“Kalian akan melihat, kalau kalian terjun ke lapangan langsung, betapa sebenarnya masyarakat itu selalu bergotong royong. Jagalah persatuan Indonesia, dan jadilah bagian untuk selalu memajukan bangsa Indonesia, serta ikutlah menjadi solusi dalam menyelesaikan berbagai ancaman kebangsaan kita,” kata Megawati lagi.

Megawati mengatakan keberagamanlah yang mengokohkan Indonesia. Keberagaman latar belakang penduduknya dan keberagaman sumber daya serta keberagaman kekayaan alam Nusantara. Semua itu yang akan membuat Indonesia menjadi bangsa yang besar, bangsa yang disegani dunia.

 “Harmoni dalam keberagaman sudah final bagi bangsa Indonesia, keberagaman adalah perekat bangsa Indonesia yang sesuai Pancasila. Pancasila itulah perekat bangsa,” ujar Megawati.

“Indonesia harus terus menjadi rumah besar bagi seluruh rakyatnya, tiada ada beda, kita harus terus mengembangkan toleransi yang berbeda status sosial, ekonomi, dan agama, tinggal bersama-sama dan hidup harmonis,” tambahnya.

 Bagi Megawati, di manapun warga bangsa Indonesia berada, nilai-nilai Pancasila harus tetap dibawa dan senantiasa melekat dalam pikiran, hati, dan terutama jiwa.

“Karena, kalau salah satu saja dari lima sila itu katakanlah akan dirusak, maka Pancasila sebagai perekat bangsa itu akan hilang,” tegasnya.

Usai membuka KKN Kebangsaan ke-10 tahun 2022 itu, Megawati juga mencanangkan Pembangunan Gedung Bung Karno dan Patung Bung Karno sebagai ikon Universitas Palangka Raya.

Dia juga mencanangkan pembangunan Laboratorium Alam Hutan Gambut Universitas Palangka Raya seluas 50.000 hektare sebagai Pusat Riset Gambut Internasional.

 “Saya yakin, apa yang kita lakukan hari ini akan bermanfaat untuk Indonesia di masa depan,” pungkas Megawati.

Sebagai tanda pembukaan kegiatan itu, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto lalu memotong tali dan melepas balon udara KKN Kebangsaan 2022. Sekaligus menandatangani sebuah prasasti terkait acara tersebut.

Kegiatan KKN Bersama diikuti mahasiswa dari 73 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia. Total ada 2331 mahasiswa terlibat, yang akan ditempatkan di 100 desa di seluruh wilayah di Kalteng.

(PDI Perjuangan/Samhadi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments