Barsel

Petani Desa Pemangka Dan Sababilah Sukses Tanam Semangka Hingga Ekspor Ke Singapura

BARITO SELATAN - PLT dinas ketahanan pangan, pertanian dan perikanan kabupaten barito selatan ida safitri bersama kepala bidang hurtura Provinsi Kalimantan Tengah Hajah Sri Damayanty,Sp bersama para petani panen raya buah semangka di lahan tani desa pemangka dan mengunjungi elompok tani di desa sababilah kecamatan dusun selatan barito selatan, selasa 31 agustus 2021.

Ditengah pandemi covid-19, perekonomian masyarakat menurun akibat dampak wabah ini. Namun tidak menjadi halangan bagi petani semangka di pemangka dan Desa Sababilah Kecamatan Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah.  mereka justru memetik hasil dari panen raya buah semangka.

Selain menjadi sentra produksi palawija,  desa pemangka juga dikenal sebagai penghasil beragam tanaman hortikul-tura.  Adapun di desa sababilah salah satu yang jadi anda-lan adalah semangka. Ida safitri selaku plt dkpp barito selatan bersama kepala bidang hurtura provinsi kaliman-tan tengah,  hajah sri damayanty,sp  ber-kesempatan mela-kukan panen raya semangka di desa pemangka Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah, selasa31 agustus, 2021.

Luas lahan panen semangka di kawasan milik kelompok tani bervariasi,  dari 3 hektar hingga mencapai puluhan hektar. namun saat ini hanya panen buah semangka seluas 4 hektar, dengan produksinya mencapai 12 ton hingga 31 ton sekali panen buah semangka, hasilnya dipasarkan ke beberapa daerah di barito selatan, kalimantan barat, pulau jawa, hingga dikirim ke negara tetangga singapura.

Menurut ketua kelompok tani betang karya mandiri desa pemangka, ahmad subari, 10 anggotanya sangat senang  bisa mendapatkan hasil panen yang baik. Dengan panen ini menunjukkan bahwa petani di sini telah bekerja keras untuk mandiri dan sejahtera.

Daily selaku pembina petani desa pemangka saat ini menga-takan di desa pemangka terdapat banyak lahan yang ditanami semangka.  Diharapkan nantnya menjadi  sentra semangka terbesar di wilayah kecamatan dusun selatan kabupaten barito selatan kalimantan tengah.

Sementara itu ida sapitri berharap kedepanya para petani didesa pemangka perlu menggarap produk turunan semangka, seperti  minuman olahan semangka, sehingga pendapatan yang diterima petani lebih baik.

Desa pemangka merupakan sentra tanaman buah semangka yang ada di kecamatan dusun selatan.  Warga setempat telah mulai menanam semangka sejak terbentuk lima tahun yang lalu.  Menginggat lahan yang luas dan subur dan co-cok untuk di tanam jenis hortikultura  seperti semangka yang dapat dipanen sepanjang tahun.

Dalam setahun, petani bisa melakukan panen semangka empat kali. Dalam sekali panen produksi yang dihasilkan perhektar mencapai puluhan ton.  Namun di saat panen raya seperti ini harga perkilogramnya menurun.

 

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments