Nasional

Petani Terancam Gagal Panen Akibat Langkanya Pupuk

MANGGARAI - Akibat langkanya pupuk bersubsidi Petani di Kelurahan Pagala Kecamatan Cibal Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur, cemas karena terancam gagal panen. Kelangkaan Pupuk Bersubsidi yang terjadi di Kabupaten Manggarai sudah hampir 2 tahun ini terjadi .

Seperti yang di alami petani di Desa Peso Kelurahan Pagala Kecamatan Cibal Manggarai, Florianus Wandu mengatakan pada selasa 9/1/2023, mereka mengalami kecemasan karena terancam gagal panen akibat langkanya pupuk dan berharap pemerintah membuka mata terhadap persoalan ini, serta menginginkan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Cibal bisa aktif memberikan pendampingan kepada mereka .

Ironisnya bila sampai bulan Februari 2023 nanti pupuk belum tersedia otomatis para petani akan alami gagal panen, dan di khawatirkan kelaparan akan terjadi.

Perlu di ketahui harga pupuk non subsidi yang di jual di Manggarai Rp 450.000, karung isi 50 Kg, dan tidak terjangkau oleh para petani. Mereka berharap  Pemda bisa menyuplai pupuk tepat pada waktunya.

(Ferdy)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments