Barsel

Pj Bupati Barsel Letakan Batu Pertama Bangun Rumah Betang

BUNTOK- Pj Bupati Barito Selatan Dr.Deddy Minarwan meletakan batu pertama pembangunan Rumah Betang Dewan Adad Barito Selatan  Betang yang berlangsung di Tengah Kota Jalan Pahlawan Buntok, Kecamatan Dusun Selatan, Barsel Sabtu 03/07/2024. 

Secara resmi Kabupaten Barito Selatan pertama kali dalam sejarahnya membangun Rumah Betang Dewan Adat Barito Selatan Kalimantan Tengah pembangunan rumah betang  tersebut dihadiri oleh ber-bagai tokoh penting, termasuk Penjabat Bupati Barito Selatan, Dr. Deddy Winarwan, S.Stp. M.Si., Kapolres Barito Selatan, AKBP Asep Bangbang Saputra, S.I.K., Dandim 1012 Buntok, Sekretaris Daerah Edi Purwanto, Anggota DPRD, Perwakilan Dari Kejaksaan Negeri Buntok, Pengadilan Negeri Buntok, Damang, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Organisasi Masyarakat Dan Unsur Forkopimda Kabupaten Barito Selatan.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Barito Selatan menyampaikan harapan besar terhadap pembangunan rumah betang DAD ini. Berharap pembangunan rumah betang ini akan menjadi simbol kesatuan dan persatuan di Kabupaten Barito Selatan. Setelah selesai dibangun, rumah ini akan difungsikan untuk berbagai kegiatan keagamaan, kebudayaan, dan kegiatan lainnya yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Hidup akan seimbang jika hubungan antara manusia dengan sang penciptanya, sesama manusia, dan alam semesta dijaga dengan baik.

Falsapah rumah panjang atau betang memliki nilai leluhur seperti kesetaraan sesama manusia, kebersamaan, kekeluargaan, persaudaraan, persatuan dan taat pada hukum.  Pembangunan rumah betang DAD ini diharapkan dapat menjadi Ikon Baru Kabupaten Barito Selatan, sekaligus memperkuat nilai-nilai kearifan lokal dan budaya dayak. Rumah betang yang merupakan simbol persatuan dan kebersamaan masyarakat dayak, diharapkan dapat menjadi wadah untuk mempererat tali silaturahmi dan melestarikan budaya lokal.

Dengan dimulainya pembangunan rumah betang DAD, Kabupaten Barito Selatan semakin memantapkan langkahnya dalam melestarikan budaya dan memperkuat persatuan masyarakat. Rumah betang ini diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan masyarakat dan menjadi simbol kebanggaan bagi seluruh warga Kabupaten Barito Selatan.

(Ary mampas)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments