P. Pisau

Plt Bupati Pulpis Buka Rakordal Pelaksanaan Rencana Pembangunan Triwulan III

Pulang Pisau – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang membuka rapat koordinasi pengendalian (Rakordal) pelaksanaan rencana pembangunan triwulan ketiga.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan, diaula Bappedalitbang Pulpis, Selasa (13/07/2021) itu, Taty sapaan akrab Plt Bupati Pulpis itu didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Tony Harisinta dengan peserta sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintah Kabupaten Pulpis.

"Kita hari ini kembali melaksanakan rapat koordinasipengendalian pelaksanaan rencana pembangunan triwulan III. Kita harap yang terbaik hari ini," ucap Taty.

Dalam kesempatan itu Pudjirustaty Narang mengatakan, meski dalam suasana pademi covid-19 rakordal tetap dilaksanakan dengan pertemuan tatap muka langsung, namun tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan. Seperti yang telah disampaikan panitia, bahwa kegiatan ini sudah mendapatkan izin dari Satgas Penanganan Covid-19.

Menurutnya, rakordal pelaksanaan rencana pembangunan ini merupakan forum untuk meningkatkan koordinasi serta perbaikan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan tahap selanjutnya.

“Adanya lonjakan kasus covid-19 memaksa pemerintah melakukan peningkatan upaya penanganan covid-19 dan percepatan pelaksanaan vaksinasi di Provinsi Kalteng, termasuk Pulpis,” katanya.

Upaya tersebut, lanjutnya, diharapkan dapat mendorong percepatan belanja khususnya belanja sektor kesehatan dan perlindungan sosial di Kabupaten Pulpis.

Ia menjelaskan bahwa belanja daerah merupakan salah satu formula dalam menghitung pertumbuhan ekonomi selain investasi, ekspor impor dan belanja rumah tangga.

"Kita harap target kita di triwulan ini sesuai dengan target yang sudah kita sepakati," ungkapnya.

Oleh karena itu, sambungnya, pemerintah daerah fokus membelanjakan APBD untuk hal-hal yang bersifat produktif.

Hasil pelaporan pelaksanaan kegiatan pembangunan triwulan II ini menjadi bahan evaluasi kinerja terhadap masing-masing kepala perangkat daerah.

“Kita menyadari bahwa target dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan sampai Triwulan II ini belum tercapai karena pada awal tahun kita terkendala dalam penatausahaan keuangan,” tambahnya.

Ia menambahkan, seharusnya pada tahun 2021 ini, sudah menggunakan aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) dari Pusat Data Informasi dan Sistem Informasi (PUSDATIN) Kemendagri, namun masih terkendala teknis terkait penatausahaan keuangan.

Pemkab Pulpis pun dalam hal ini mengabil sikap untuk mengesampingkan masalah teknis tersebut untuk sementara, dan dalam proses penatausahaan keuangan.

“Untuk saat ini kita kembali menggunakan SIMDA Keuangan dari BPKP,”  tegas Taty.

Selain itu, lanjut dia, adanya refocusing transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) 2021 untuk penanganan covid-19, sehingga daerah melakukan relokasi beberapa kegiatan prioritas.

Namun yang paling penting, bagaimana output dari setiap kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat, pemulihan ekonomi masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan serta dampak pandemi. 

“Saya berharap memasuki triwulan III ini penyerapan anggaran agar dapat ditingkatkan, program dan kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan agar tidak hanya sekedar dilaksanakan tepat waktu dengan target yang telah ditetapkan,” tandasnya.

 

(Antang)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments