P. Pisau

Pokdarwis di Pulang Pisau: Pendorong Ekonomi Melalui Kreativitas dan Destinasi Wisata

PULANG PISAU - Peran Pokdarwis (Pokja Pengelolaan Destinasi Wisata) dalam mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Pulang Pisau telah menjadi kunci penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Terutama, setelah pandemi beberapa waktu lalu, wisatawan kembali memadati destinasi wisata di daerah tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pulang Pisau, Bakhzar Efendi, menjelaskan bahwa destinasi wisata tidak hanya memberikan pengalaman berlibur, tetapi juga menciptakan peluang ekonomi lokal. Masyarakat lokal dapat berkreasi dalam kerajinan rotan dan kuliner khas daerah, yang kemudian dapat dipasarkan melalui berbagai media, termasuk media sosial.

Hingga saat ini, destinasi wisata di Pulang Pisau yang tersebar di seluruh kecamatan telah menarik sekitar 17.000 pengunjung. Salah satu peningkatan pengunjung yang signifikan terjadi di Kecamatan Kahayan Tengah, Jabiren Raya, dan Kahayan Hilir. Ketiga lokasi ini masih terjangkau dari pusat Provinsi Kalimantan Tengah, Palangka Raya.

Bakhzar menekankan pentingnya kerjasama antara Pokdarwis dan masyarakat dalam menjaga dan meningkatkan destinasi wisata. Dengan adanya pembukaan wisata pantai Cemantan, diharapkan akan memberikan dampak positif bagi Pokdarwis dan masyarakat, mendorong peningkatan destinasi pariwisata di Pulang Pisau.

Capaian ini menjadi motivasi bagi pihak terkait untuk terus berinovasi dan memajukan destinasi wisata yang ada. Melalui kerja sama yang kuat antara pemerintah, Pokdarwis, dan masyarakat, Pulang Pisau berupaya mengukir jejak positif dalam dunia pariwisata lokal.

(Marselinus)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments