Sosial

Pola Asuh Kunci Sukses Tangani Stunting

JAKARTA - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Tanoto Foundation menggelar kegiatan webinar Praktik Baik Upaya Percepatan Penurunan Stunting dengan tema “Menjadi Orang Tua Hebat Melalui Perubahan Perilaku dalam Mendukung Percepatan Penurunan Stunting”.

Webinar dibuka secara resmi oleh Kepala BKKBN selaku Ketua Tim Pelaksana Percepatan Penurunan Stunting Dr.(HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K). Acara digelar secara virtual pada Rabu, 06 Oktober 2021. Dalam sambutannya, Kepala BKKBN selaku Ketua Tim Pelaksana Percepatan Penurunan Stunting Dr.(HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) menambahkan, target penurunan stunting 14 persen ini sangat luar biasa bagi BKKBN dan seluruh jajarannya juga mitra kerja. Oleh karena itu konsep-konsep pentahelix, triplehelix, kerjasama antara pemerintah, pihak swasta dan perguruan tinggi menjadi suatu keniscayaan.

Lebih lanjut Kepala BKKBN menyampaikan, membicarakan masalah pola asuh adalah sangat tepat sekali karena memang kita harus mendidik keluarga dan tidak hanya mendidik anak. Kunci sukses dari penurunan stunting adalah bagaimana memberikan asuhan yang optimal kepada anak.  dr. Hasto menambahkan, ada satu yang sangat penting untuk dikoreksi bersama yaitu mainset keluarga. Tantangan saat ini adalah bagaimana masyarakat menjadi butuh dan merasa perlu bahwa sunting itu penting dan harus diatasi sekarang. Untuk menuju ke sana, memang pendidikan terkhusus pengetahuan tentang pengasuhan dimana keluarga bisa menjalankan fungsi perlindungan.  

Usai acara webinar Kepala Pusat Pendidikan, Pelatihan Kependudukan dan Keluarga Berencana, BKKBN, Dr. Drs. Lalu Makripuddin, M.Si, saat ditemuin reporter Jurnal Televisi di ruang kerjanya berharap dari acara webinar ini tersosialisasikan dan hasil dari paparan para narasumber ini bisa dipraktekan dan ada rekomendasi rumusan yang mungkin sedang disusun sekarang berdasarkan pertanyaan-pertanyaan, usul serta saran dari para peserta webinar ini.

 

(Noris)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments