P. Pisau

Program Cetak Sawah Rakyat di Pulang Pisau, Kunci Ketahanan Pangan

PULANG PISAU - Sebanyak 127 ribu hektar dialokasikan untuk Program Cetak Sawah Rakyat (CSR) dari Kementerian Pertanian Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Program ini akan direalisasikan melalui koordinasi dengan pemerintah provinsi Kalimantan Tengah. Program tersebut bertujuan untuk membuka lahan pertanian baru di delapan kecamatan di Pulang Pisau.

Pada harri Senin, (09/09/2024), dihadapan awak media setempat Kepala Dinas Pertanian Pulang Pisau, Godfridson, menjelaskan bahwa program ini memberikan solusi atas keluhan masyarakat mengenai larangan pembakaran lahan. Dimana ia mengungkapkan,  "Program ini adalah wujud nyata kehadiran pemerintah dalam menjawab permasalahan masyarakat, khususnya di Kabupaten Pulang Pisau," ungkapnya lugas.

Ia juga menambahkan bahwa program cetak sawah ini sejalan dengan arahan Presiden dan Menteri Pertanian mengenai pentingnya memperkuat ketahanan pangan nasional, terutama di tengah kondisi yang dinilai belum stabil. Pemerintah berupaya memaksimalkan potensi lahan-lahan yang belum terkelola dengan baik.

Di Kalimantan Tengah, terdapat banyak lahan tidur yang diharapkan bisa dimanfaatkan untuk pertanian. Godfridson mengungkapkan bahwa lahan tersebut akan dijadikan sawah sebagai bagian dari langkah strategis pemerintah untuk mendukung ketahanan pangan.

Menurutnya secara keseluruhan, Kalimantan Tengah saat ini telah dipastikan mendapatkan kuota sebanyak  500 ribu hektar untuk tahap pertama program ini, dengan target mencapai satu juta hektar pada tahap kedua nantinya. Tentunya dengan adanya pembukaan lahan ini akan dilakukan sesuai tahapan tahapan dari arahan Menteri Pertanian.

(Mraselinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments