P. Raya

Program MES Sosialisasi Dan Pelatihan terkait Sertifikasi Halal Bagi UMKM.

PALANGKA RAYA - Pelantikan Pengurus Wilayah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kalimantan Tengah. Acara Pelantikan Pengurus MES, dilaksanakan dikantor Gubernur Provinsi Kalteng, Di Aula Eka Hapakat, Rabu, 6 Rabiul Akhir 1446 H (9/10/2024).

Sambutan Sekretaris IV Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Teguh Santosa mengatakan, mewakili Pengurus Pusat MES dalam hal ini adalah Bapak Erick Thohir sebagai Ketua Umum, menyampaikan permohonan maaf karena kesibukan beliau tidak dapat hadir. Beliau mengucapkan selamat kepada Bapak dan Ibu pengurus MES yang telah dilantik. 

Lebih lanjut Teguh Santosa menyampaikan, dampak dari berbagai kegiatan MES terhadap perkembangan ekonomi dan keuangan syariah melalui jaringannya di provinsi, kabupaten/kota, bahkan luar negeri semakin meluas dan terorganisasi dengan baik.

Kondisi ini tentu saja berdampak positif bagi ekonomi syariah. Selain memudahkan koordinasi, juga memungkinkan berbagai upaya akselerasi aktivitas ekonomi syariah di lingkungan masyarakat yang lebih luas.

Jaringan kepengurusan MES pun terus meningkat. Hari ini, MES telah tersebar di 129 kab/kota, 30 provinsi, dan 23 perwakilan luar negeri. Tentu ini tidak lepas dari dukungan dan doa dari Bapak/Ibu semua.(MES dan Perannya di Wilayah).

MES hadir sebagai organisasi inklusif yang menghimpun sumber daya yang ada dan membangun sinergi di antara para pemangku kepentingan dalam rangka mengembangkan dan membumikan ekonomi syariah.

Peran jaringan kepengurusan di berbagai wilayah hingga perwakilan di luar negeri merupakan kunci agar kehadiran dan program-program MES bisa lebih terasa manfaatnya dan berdampak signifikan. Untuk itu, kepada seluruh Pengurus Wilayah dan Daerah MES di berbagai daerah untuk senantiasa berkoordinasi dan bersinergi dengan para pemangku kepentingan setempat. 

“Dengan berkoordinasi dan bersinergi, diharapkan berbagai upaya dan pergerakan MES di daerah-daerah akan makin masif dan efektif sehingga mampu memberikan dampak yang signifikan bagi lingkungan sekitar. Oleh karena itu, perlu adanya komitmen nyata dan sinergi yang kuat dari Bapak dan Ibu Pengurus Wilayah MES Kalimantan Tengah dalam mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah,"Tuturnya.

Ia berharap ,Dalam hal ini  kami berharap kepada Pengurus Wilayah MES Kalimantan Tengah untuk dapat merancang program kerja yang selaras dengan arah kebijakan yang telah ditetapkan oleh Pengurus Pusat MES. Dari hasil Rapat Konsolidasi Wilayah MES Se-Kalimantan yang dilaksanakan pada 6-7 September 2024 di Pontianak, telah dibahas dan disepakati beberapa program kerja strategis baik dalam lingkup Kalimantan maupun nasional

Salah satu program kerja yang disepakati,yaitu menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan terkait sertifikasi halal bagi UMKM berikut dengan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pelaku UMKM, serta Pelatihan Pendamping PPH dan Pendampingan Sertifikasi Halal.

Pihaknya juga berharap Pengurus Wilayah MES Kalimantan Tengah dapat membina dan menjadi contoh MES Wilayah yang bergerak secara progresif dalam memberikan kontribusi nyata dalam ekonomi dan keuangan syariah bagi Pengurus Daerah di Provinsi Kalimantan Tengah serta menjalankan visi dan misi organisasi di masa mendatang.
 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments