Kalteng

PT. SRP Berulah,  Warga  Tumbang Baloi  'Minta Pertolongan' Ke Bupati Murung Raya

MURUNG RAYA - Viral Kisruh nya antara masyarakat Desa Tumbang Baloi, Kecamatan Barito Tuhup Raya, Kabupaten Murung Raya dengan Salah Satu Perusahaan Milik Mr.Paulus (Owner) Yang Mengantongi Ijin IUPHHK Tidak Lain PT. Samudera Rejeki Perkasa (SRP) Tampaknya Belum Ada Sama Sekali Penyelesaian.

Saya dan bersama sama perangkat desa juga didampingi Camat Barito Tuhup Raya sudah menemui Bupati Murung Raya Perihal Diambil Alihnya Lahan Milik Warga oleh PT. Samudera Rejeki Perkasa bersama anak Perusahaan mereka PT.Cakra Sempurna Sejati,” ujar Kepala Desa Tumbang Baloi, Qomaruddin Hamka, saat dikonfirmasi, Senin 27/9/2021.

"Lanjut Qomaruddin, pihaknya langsung diterima Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph di Ruang Gedung A Setda pada hari Rabu tanggal 22 September 2021 yang lalu dan menjelaskan permasalahnya yang dihadapi pihaknya kepada Bupati.

Dijelaskan Qomaruddin juga, bahwa warganya selaku pemilik lahan mengalami adanya intimidasi berupa penertiban dan rumah pondok warga yang berkebun dibongkar paksa oleh perusahaan dengan alasan lahan tersebut wilayah produksi perusahaan.

“Kami juga sudah bertemu dengan pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Murung Raya dengan tujuan sama agar permasalahan warga kami ini ada jalan keluar,” tambah Kepala Desa Tumbang Baloi ini lagi.

Menurut Qomaruddin lagi, sebelum meminta bantuan Pemkab Murung Raya, pihaknya juga sudah mengirimkan surat resmi ke pihak perusahaan agar lahan produksi berada jauh dari aktivitas warga Desa Tumbang Baloi.

"Paling tidak area produksi perusahaan kami minta berjarak 12 kilometer dari desa untuk menjaga kelestarian hutan. Kami juga menganggap aktivitas perusahaan sekarang menghilangkan mata pencaharian warga,"jelasnya.

Dalam persoalan ini,  pihak pemilik perusahaan Mr.Owner nampak jua meminta perlindungan dengan Bupati Murung Raya. Hal ini terpantau ketika beberapa wartawan berupaya untuk meminta konfirmasi perimbangan dengan pihak manajemen PT. SRP.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Bupati silahkan bertanya dengan Bupati,"kata Humas PT. SRP Atik Musyawaroh saat dikonfirmasi rekan rekan wartawan melalui pesan WhatsApp, Sabtu 25/9/2021

Dikonfirmasi terpisah, Wakil Ketua II DPRD Murung Raya Rahmanto Muhidin ketika dikonfirmasi menyampaikan bahwa pihak pemerintah daerah dan DPRD Murung Raya sudah turun ke Desa Tumbang Baloi untuk mengecek langsung permasalahan tersebut

Rahmanto menyebutkan pihaknya telah memberikan rekomendasi kepada perusahaan agar tetap dapat berjalan sebagaimana mana mestinya, aktivitas dan kegiatan masyarakat juga dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Namun, agar perusahaan memperhatikan dan turut serta dalam pembangunan desa, pembangunan Sumber Daya Manusia melalui program Corportae Socil Responsibility (CSR).

"Kita minta kepada perusahaan terus berkoordinasi dengan stekholder terutama pemilik nya untuk hal ini Mr.Paulus sebagai Owner dalam penyelesaian semua masalah,"ujar Rahmanto Politisi dan Selaku Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) MURA. 

(Ady Natha)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments