Barsel

Pukul Alat Musik Tradisional Tandai Festival Dahani Dahanai Dibuka

BUNTOK - Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan resmi membuka festival dahani dahanai tahun 2024, kegiatan yang selalu dilaksanakan setiap setahun sekali itu, digelar di Stadion Batuah, Buntok.

Pembukaan festival dahani dahanai 2024 secara resmi dibuka, dimulainya festival dahani dahanai ditandai dengan pemukulan alat musik tradisional oleh penjabat bupati barito selatan deddy winarwan, pimpinan dprd dan jajaran forkopimda.

Sebelumnya penjabat bupati dalam sambutannya mengatakan, kegiatan festival budaya budaya dan olah raga tradisional tahun 2024 dahani dahanai merupakan agenda tahunan dan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan peringatan hut ke – 65 kabupaten barito selatan, selain itu juga merupakan upaya dalam menjadikan budaya sebagai aset dalam mengembangkan investasi daerah.

Bukti nyata seni budaya merupakan aset investasi yang bernilai tinggi yakni keberhasilan tim seni budaya pemkab barsel beserta sanggar tari ranu mareh mabuan mencatatkan sejarah dan tinta emas untuk barito selatan dengan dinobatkan sebagai absolute world champion of folklore tahun 2024 sekaligus mendapat juara dunia dalam world championship of folklore XIV di bulgaria.

Lebih lanjut pj bupati menyampaikan, melalui momentum festival budaya dan olah raga tradisional dahani dahanai tahun 2024, pj bupati mengajak untuk menjadikan festival yang memiliki nilai pelestarian budaya itu perlu ditransformasikan menjadi economic values, yang nantinya mampu mensejahterakan masyarakatnya.

Deddy winarwan juga berharap kegiatan itu dapat menjadi media untuk membangun animo generasi muda dalam menggali, mengenali dan memahami nilai-nilai budaya tradisi yang sarat dengan kearifan dan tata nilai yang khas, serta membangkitkan gerakan ekonomi kerakyatan melalui kreatifitas dalam menciptakan produk-produk ekonomi kreatif.

Sementara itu kepala dinas pemuda olah raga dan pariwisata barito selatan, manat simanjuntak selaku ketua panitia mengatakan, festival dahani dahanai itu diikuti oleh 6 kecamatan sebarito selatan, 18 organisasi perangkat daerah, sementara itu olah raga yang bakal dipertandingkan terdapat 12 cabang olah raga dan seni budaya, sedangkan lokasi pertandingan akan dilaksanakan di stadion batuah,di halaman kantor bupati dan di kantor disporapar, festival itu akan memperebutkan total hadiah sebesar 100 juta rupiah.

(Ary Mampas)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments