Katingan

PUPR Minta Masyarakat Dukung Program SIMURP

KATINGAN – Direksi Irigasi dan Rawa Kementerian Pekerjaan Umum/Perumahan Rakyat (PU/PR), Ir. Suparji, minta masyarakat dukung program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Projek (SIMURP).

Dikatakan Suparji, program SIMURP yang sedang dilaksanakan di Katingan Kuala, selain melakukan rehab terhadap jaringan irigasi yang ada guna mendukung kegiatan pertanian, hal tersebut akan berdampak terhadap hasil gabah dan tentu ekonomi masyarakat, sehingga dukungan masyarakat sangat diharapkan.

“SIMURP atau rehab irigasi yang sedang dikerjakan kementerian PU/PR tentu untuk mendukung program pertanian di Katingan Kuala. Makanya, harapan kami dukungan penuh dari masyarakat sangat diharapkan, sehingga tuntas fungsi, Konstruksi dan manfaat,” Ungkap Direksi Irigasi dan Rawa Kementerian PUPR, Sabtu (12/11/2022).

Salah satu warga yang ada di Desa Jaya Makmur yang juga sebagai kepala desa Akmad Wahyudi, saat berdialog dengan Suparji dan beberapa pejabat dilingkup Kementerian PUPR, pejabat di lingkup Balai Sungai Kalimantan II, meminta, cetak sawah yang pernah dibuat di Katingan Kuala, dapat dibuka kembali dengan pembuatan irigasi yang memadai.

“Dulu sudah pernah dilakukan cetak sawah, namun tidak ada irigasi, sehingga dengan adanya program SIMURP, lahan bisa dibuka,” katanya. 

Hal lain yang dianggap cukup penting, disampaikan Wahyudi, terkait sarana jalan untuk mengeluarkan hasil-hasil pertanian yang belum ada, sehingga pada saat panen, petani mengalami kerugian akibat anjloknya harga gabah.

“Ini juga bisa menjadi perhatian bagi Kementerian PUPR, karena sekalipun hasil pertanian bagus, kalau tidak ditunjang dengan infrastruktur jalan, tentu berdampak terhadap hasil bagi petani,” Tandasnya. 

(Novryanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments