Katingan

World Bank Kucurkan Dana Untuk Katingan Kuala

KATINGAN – World Bank atau Bank Dunia, siap kucurkan dana miliaran rupiah guna menjawab persoalan pertanian di Katingan Kuala Kabupaten Katingan.  Direksi Irigasi dan Rawa Ir. Suparji, S.S.T., M.T. mengatakan, untuk mendapatkan bantuan dari Bank Dunia, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi, dan khusus untuk wilayah Katingan, Kecamatan Katingan Kuala dianggap memenuhi persyaratan yaitu, memiliki lahan, petani termasuk ramah lingkungan.

“Untuk persyaratan dari Bank Dunia, Katingan Kuala layak menerima bantuan, karena lahannya ada, petani dan juga ramah terhadap lingkungan,” Ungkap Direktur Irigasi dan Rawa Kementerian PUPR Ir. Suparji, S.S.T., M.T. saat kunjungan kerja di Desa Jaya Makmur Kecamatan Katingan Kuala Provinsi Kalimantan Tengah, Sabtu (12/11/2022).

Diakui Suparji, dana yang telah dikucurkan Bank Dunia sebesar Rp. 99 miliar yang diperuntukkan bagi perbaikan irigasi yang ada di Katingan Kuala. Selanjutnya terdapat tambahan Rp. 33 miliar.

“Untuk kegiatan ini, sudah di Tender dan ada pemenangnya dengan penawaran Rp. 29 Miliar,  sisanya dikembalikan ke Kas Negara," Katanya . Masih menurut Suparji, terdapat 9000 hektar lahan yang memiliki potensi pengembangan di bidang dimanah, baru sekira 3000 hektar yang difungsikan.

“Potensi pertanian di Katingan Kuala sangat baik, selain luas, baru 3000 hektar yang difungsikan, sehingga kami mendorong petani yang ada di Katingan Tengah meningkatkan luasan lahan pertanian secara berkelanjutan,” Tandasnya. 

(Novryanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments