P. Pisau

Raih peluang besar perkenalkan Batik Khas Pulang Pisau agar mampu bersaing

PULANG PISAU -  Elieser Jaya selaku Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Pulang Pisau, dimana ia mengungkapkan bahwa batik khas dari kabupaten setempat memiliki peluang besar untuk bersaing di pasar yang lebih luas, mulai dari tingkat daerah hingga tingkat Nasional tentunya.

Pemerintah daerah saat ini tengah mendorong pengenalan batik Kabupaten Pulang Pisau kepada masyarakat luas. Salah satu langkah yang diambil adalah melalui pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para pembatik.

Jumat, 04/08/2023 mengatakan, "Pelatihan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, tetapi juga sebagai upaya dalam mendukung perekonomian masyarakat melalui kreasi dalam pembuatan batik," ungkapnya.

Dia menegaskan bahwa melalui serangkaian pelatihan yang direncanakan, diharapkan para pembatik dapat menghasilkan motif-motif yang lebih beragam dengan teknik cetak. Strategi ini dianggap sebagai langkah penting dalam menggali potensi pasar yang lebih luas, bahkan dengan kemungkinan ekspansi ke pasar internasional.

Elieser berharap agar para pelaku batik terus mengasah kreativitas mereka dan meningkatkan produksi batik dengan jumlah yang lebih besar. Selain itu, ia mengajak masyarakat untuk tidak ragu mengenakan pakaian batik, mengingat bahwa batik adalah bagian dari warisan budaya yang perlu dijaga keberlanjutannya.

(Marselinus)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments