Kalteng

Rakor Penyaluran BBM Bersubsidi Kepada Petani dan Nelayan

KUALA PEMBUANG - Bupati Seruyan Yulhaidir memimpin Rapat Koordinasi Pembahasan Penyediaan dan Pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) Solar Bersubsidi untuk Pertanian, Rabu 31 Agustus 2022. Rakor diselenggarakan terkait wacana kenaikan harga BBM. Pemerintah daerah menilai perlu adanya aturan yang jelas bagi masarakat terutama petani dan nelayan, agar bisa mendapatkan BBM bersubsidi jenis solar. Oleh karena itu Bupati Seruyan mengadakan Rakor dengan beberapa pihak terkait, seperti Polres Seruyan dan pihak Pertamina guna mendapatkan kepastian.

“ Pemerintah daerah harus memberikan jaminan bahwa hak petani dan nelayan bisa terlayani,” ujar Bupati Seruyan, Rabu 31/8/2022.

Dalam Rakor tersebut, memutuskan beberapa hal yakni, SPBU menyediakan BBM Bersubsidi Jenis Solar untuk petani sesuai dengan Rekomendasi yang disampaikan oleh Petani dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Seruyan dan menyampaikan fotocopy KTP serta untuk pengambilan BBM Bersubsidi Jenis Solar dapat menggunakann jerigen dengan pengawalan Penyuluh Lapangan Pertanian. Jumlah BBM Bersubsidi Jenis Solar untuk Petani diberikan berdasarkan ketentuan yang berlaku dengan perhitungan 1 Ha Lahan sebanyak 30 liter dan Kepala Desa/Lurah wajib melakukan pendataan jumlah petani, kemudian disampaikan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Seruyan untuk dilakukan verifikasi dan penerbitan Surat Rekomendasi Pembelian BBM Jenis Solar.

Bupati Seruyan berharap dengan adanya peraturan yang di tetapkan tersebut bisa menjadi solusi bagi para petani dan nelayan guna melakukan kegiatanya tanpa merasa kesulitan dalam mencari BBM solar, “Saya berharap aturan yang di buat ini dapat menjamin ketersediaan BBM bagi petani dan nelayan, dan dapat di jalan setiap SPBU, guna membantu meningkatkan ekonomi masarakat dan daerah,” pungkas bupati Seruyan. 

(Giya)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments