Katingan

Ramadan Berjalan Aman dan Lancar di Katingan Tanpa Covid-19, Warga Diingatkan Persiapan Mudik dengan Matang

KATINGAN - Ramadan tahun ini, yang bertepatan dengan tahun 1444 Hijriah atau 2023 Masehi, telah menjadi bulan yang meriah di Kabupaten Katingan, berbeda dari dua tahun sebelumnya (1442 H/2021 M dan 1443 H/2022 M) yang masih diwarnai oleh pandemi Covid-19. Tahun ini, seluruh umat Muslim di Kabupaten Katingan telah menjalani ibadah puasa dengan aman dan lancar, termasuk pelaksanaan salat Tarawih di puluhan masjid di wilayah ini.

Selain ibadah puasa yang berjalan dengan baik, masyarakat Katingan juga merasa bebas untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga mereka. Wakil Ketua (Waket) II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Fahrul Razie, mengingatkan warga yang berencana untuk mudik menjelang Idul Fitri 1444 H, agar melakukan persiapan dengan matang.

Fahrul Razie mengungkapkan peringatannya dalam konferensi pers pada Senin (10/4/2023) di ruang kerjanya. "Dengan persiapan yang matang, perjalanan Anda pasti akan lancar, dan saya berharap Anda tiba di tujuan dengan selamat," katanya.

Selain itu, Fahrul Razie menyarankan agar warga yang sedang sakit atau tidak merasa baik sebaiknya menunda perjalanan mereka. Setelah pulih, mereka dapat melanjutkan rencana mudik mereka. Jika mengantuk saat mengemudi, dia menyarankan untuk beristirahat sejenak dan menyiram wajah dengan air tawar. "Setelah merasa segar, Anda bisa melanjutkan perjalanan," tambahnya, sambil mengingatkan agar tidak mengemudi terlalu cepat, yang penting adalah sampai ke tujuan dengan selamat.

Fahrul Razie juga meminta Dinas Perhubungan dan Perikanan (Dishubkan), terutama bagian jalan, untuk siap mengatur lalu lintas dengan lebih cermat selama periode ini. Karena menjelang Idul Fitri, jumlah kendaraan roda empat dan roda dua yang melintasi Jalan Trans Kalimantan di Kabupaten Katingan pasti lebih padat dari hari-hari biasanya. Bukan hanya masyarakat Katingan yang merayakan Idul Fitri, tetapi juga warga dari berbagai daerah yang pulang kampung melalui wilayah ini.

(Novryanto)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments