Katingan

Legislator Mendorong Perbaikan Jalan Rusak pada Jalan Trans Kalimantan

KATINGAN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Rudi Hartono SSos, dengan tegas menyuarakan kekhawatirannya terkait kerusakan serius yang dialami badan jalan yang menghubungkan Pundu Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dengan Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan. Ia berharap bahwa Pemerintah Pusat akan merespons masalah ini dengan serius.

Dalam pernyataannya kepada media pada Minggu (9/4/2023), Rudi Hartono menjelaskan bahwa kerusakan pada badan jalan tersebut sangat mengkhawatirkan, dan ia sendiri telah melihat kerusakan tersebut ketika melewati jalan tersebut beberapa waktu lalu.

Menurut Rudi Hartono, jalan ini sangat penting karena merupakan jalur vital yang menghubungkan dua kota kabupaten, dan dalam dua pekan terakhir, jalan ini telah sering dilewati oleh kendaraan berat seperti truk dan tronton dengan muatan lebih dari 8 ton. Setiap hari, ratusan kendaraan roda empat berlalu lintas di jalan ini, baik siang maupun malam.

Kekhawatiran semakin meningkat karena jalan ini saat ini merupakan satu-satunya jalan alternatif, sementara jembatan Sei Katingan sedang dalam tahap perbaikan. Kendaraan dengan tonase lebih dari 8 ton dari berbagai kota dan kabupaten, seperti Palangka Raya, Banjarmasin, Kasongan, Sampit, Pangkalanbun, dan lainnya, bergantung pada jalan ini.

Rudi Hartono memimpin panggilan untuk Pemerintah Pusat agar mengambil tindakan serius dalam memperbaiki jalan ini, yang merupakan bagian penting dari Jalan Trans Kalimantan. Dalam kondisi rusaknya saat ini, perbaikan jalan ini adalah suatu keharusan agar kelancaran transportasi di wilayah tersebut tetap terjamin.

(Novryanto)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments