P. Raya

Rapat Kerja Bidang Kesehatan Tahun 2022

Palangka Raya - Kegiatan Rapat Kerja bidang kesehatan Tahun 2022 mengusung tema “Tranformasi dan kolaborasi Implementasi Pelayanan Primer menuju Kalimantan Tengah makin berkah” dilaksanakan di Hotel Swiss Bel Danum Palangka Raya Kalimantan Tengah, Selasa 6 Desember 2022.

Hadiri Gubernur Kalteng, Sekretaris Jenderal kementerian. Kesehatan,  Dirjen pelayanan kesehatan,  Dirjen P2P, PPSDM /Mewakili, direktur Rumah Sakit se-Kalteng.

Raker dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalteng yang diwakili Leonard S. Ampung.

Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan melalui rapat kerja ini dapat menghasilkan saran dan masukan konstruktif terhadap pelaksanan sinergitas program dan kegiatan mengutamakan isu srategis bidang kesehatan Tahun 2023 di Propinsi dan Kabupaten/Kota yang selaras dengan Renstra Dinas Kesehatan dan RPJMD Propinsi Kalteng.

Sementara itu Kepala dinas kesehatan kota. dr. Suyuti mengatakan tiga fokus tujuan utama kita adalah penurunan stanting, penurunan kematian ibu dan anak, penguatan pelaksanaan Kesehatan. Apabila standar usia harapan hidup naik indek manusia hidup bertambah baik.

Dinas kesehatan Propinsi punya target Lima Tahunan angka kematian ibu dibawah angka 183 Perseratus ribu.  Kelahiran hidup kalteng sudah dibawah angka tersebut, tetapi kalau dari sisi prentase Kalteng termasuk besar, karena penduduk kalteng tidak banyak.  Harapannya pada lima tahun kedepan diangka 72. Sekarang rata-rata masih 69. Menaikkan tiga tahun tidak mudah terkait infraktutur air bersih, ketersediaan pangan dan penurunan angka kesakitan.

 

(Era suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments