P. Raya

Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Perdagangan dan Perindustrian se-Kalteng

Palangka Raya – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Pemkab Kobar) menggelar Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Perdagangan dan Perindustrian se-Kalteng. Rakor berlangsung di Hotel Brits Pangkalan Bun, Kamis 17 Februari 2022.

Hj. Nurhidayah berharap peran Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk bersama-sama mendorong pembangunan di bidang perdagangan dan perindustrian di Kalteng melalui program kegiatan yang sejalan dengan Pemerintah Pusat.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2021 yang lalu, berdasarkan data Badan Pusat Statistik nilai ekspor bersih perdagangan Kalteng surplus sebesar USD 3.050 juta, melampaui target yang ditetapkan yaitu USD 1.050 juta, sehingga persentase capaiannya adalah sebesar 290,47%.

“Fakta ini sangat membanggakan kita dan agar bisa dipertahankan”, imbuhnya.

Di sisi lain, nilai inflasi Prov. Kalteng pada 2021 tercatat 3,32% lebih rendah dari target yang ditetapkan sebesar 3,5%. Dan Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Kalteng Tahun 2021 sebesar 3,40%. Hal ini menunjukan bahwa nilai inflasi Kalteng masih terkendali, tidak ada lonjakan harga yang berubah drastis atau signifikan.

Sesuai dengan arah kebijakan Pemerintah Daerah, diharapkan dinas perdagangan dan perindustrian baik di Provinsi maupun Kabupaten / Kota di Kalteng untuk lebih meningkatkan sektor perdagangan melalui peningkatan ekspor komoditi unggulan, pemantauan harga barang kebutuhan pokok dan barang penting, serta mengoptimalkan pasar penyeimbang ntuk pengendalian inflasi daerah. 

“Saya juga mengimbau untuk mempromosikan produk unggulan daerahnya dalam kegiatan-kegiatan pameran, salah satunya pada Kalteng Quality Expo Tahun 2022 yang rencananya akan diselenggarakan untuk menyambut Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah ke-65 tahun”, tambahnya.

Narasumber kegiatan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Perdagangan dan Perindustrian se-Kalteng ini adalah Pejabat dari Kementerian Perdagangan RI, Pejabat dari Kementerian Perindustrian RI, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng dan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Dan UKM Kabupaten Kotawaringin Barat.

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments