Kapuas

Ratusan Peserta Ikuti Festival Seni Budaya Kapuas 2023

KAPUAS - Festival seni budaya tingang menteng panunjung tarung kabupaten kapuas tahun 2023 yang diikuti sebanyak sembilan ratus tiga peserta ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Wakil Bupati Haji Muhammad Nafiah Ibnor dan Ketua Tim Penggerak PKK Kapuas Ary Egahni Ben Bahat ditandai dengan pemukulan alat musik katambung  pada Sabtu 11 Maret 2023. 

Pembukaan kegiatan festival seni budaya yang digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi ke 217 Kota Kuala Kapuas dan ulang tahun ke 72 Pemerintah Kabupaten Kapuas ini berlangsung di gedung olahraga panunjung tarung Kuala Kapuas.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, mengatakan event festival seni budaya ini dilaksanakan tujuannya untuk melestarikan seni budaya dearah setempat dan juga meningkatkan tali silahturami dan jalinan komunikasi yang baik antar peserta masing-masing kecamatan untuk bersama-bersama membangun daerah kabupaten kapuas. 

Sementara itu pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten  Kapuas, Aguste,  mengatakan, festival seni budaya tingang menteng panunjung tarung ini merupakan agenda tahunan dan untuk persiapan mengikuti berbagai event serta sebagai duta kebudayaan dearah kapuas.

Adapun seni budaya yang dilombakan terdiri dari tari pedalaman, karungut, lawang sakepeng, bagasing, balogo dan lomba menyipet atau menyumpit. Aguste pun bersyukur karena jumlah peserta festival seni budaya pada tahun 2023 ini meningkat dari tahun sebelumnya.

(Irfansyah)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments