Barsel

Rekam Jejak perjalanan Satu Tahun Jabatan Pj Bupati  Barsel

BUNTOK – Rekam jejak Untuk pertama kalinya di Kabupaten Barsel terpilih serorang wanita yang menjabat sebagaI Pj Bupati Barsel Lisda Arriyana , yang dilantik pada tanggal 22 Mei 2022.

Berdasarkan Surat Kepmendagri nomor 131.62-1169 tahun 2022 tentang pengangkatan Penjabat Bupati Barsel Provinsi Kalimantan Tengah dan dilantik atas nama menteri dalam negeri oleh Gubernur Kalimantan Tengah, setelah berakhirnya masa jabatan Bupati H Eddy Raya Samsuri.

Langkah awal Lisda Arriyan, jauh lebih ringan karena sebagai penjabat bupati, dia tidak dipilih langsung oleh rakyat, sehingga tidak memiliki janji-janji politik yang harus ditunaikan selama satu tahun kedepan, sehingga pembangunan yang dilakukan lebih fokus pada permasalahan utama yang ada di masyarakat.

Namun setelah satu tahun menjabat, terlihat capaian pembangunan  yang telah berhasil dilaksanakan, baik terlihat dari pembangunan infrastruktur, sosial ke masyarakatan hingga penguatan ekonomi dalam kemasyarakatan.

Sementara itu dibidang  kesehatan, adalah menurunkan tingginya angka stunting yang mencapai 35,6 % di Barsel. Berbagai upaya percepatan penurunan stunting, dilaksanakan kegiatan rembuk stunting bersama perangkat daerah terkait dan telah ditandatangani kesepakatan bersama dalam penanganan stunting, serta sebagai dukungan dalam penanganan stunting.

Selanjutnya  melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Barito Selatan telah melaksanakan rehabilitasi rumah tidak layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah pada tahun 2022.

Salah satu prestasi yang membanggakan telah diperoleh Kabupaten Barito Selatan dengan diterimanya penghargaan universal health care (uhc) yang diserahkan menteri dalam negeri kepada Penjabat Bupati Barito Selatan dalam layanan kepesertaan BPJS bagi masyarakat.

Sementara itu pada bidang ekonomi, menghadapi permasalahan pengendalian inflasi harga komoditas pangan, penjabat bupati mensinergikan beberapa perangkat daerah terkait melaksanakan penyaluran bantuan sembako bagi masyarakat miskin di setiap wilayah.

Berbagai kegiatan berupa operasi pasar dengan penjualan sembako  murah bersubsidi di beberapa desa di wilayah Kabupaten Barito Selatan, bazar pangan murah, dan untuk bidang transportasi, melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Barsel melaksanakan program subsidi transportasi.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments