Kotim

Relawan MPA Akan Mendapatkan Asuransi Dari Pemkab Kotim

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim), akan memberikan asuransi kepada relawan Masyarakat Peduli Api (MPA) yang selalu siaga. Hal tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah setempat atas kinerja MPA yang ikut membantu dalam menangani bencana kebakaran di Kabupaten Kotim.

 “Keberadaan relawan MPA ini sangat membantu kami, saya ucapkan terimakasih karena telah peduli terhadap daerah ini,” kata Bupati Kotim, Halikinnor, Rabu 31 Mei 2023.

Hal tersebut ia ungkapkan saat menyerahkan bantuan pemadam kebakaran skala kecil seperti mesin air, selang dan lainnya di Jalan Iskandar gang Ketapi 3, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Dijelaskannya, keberadaan relawan dinilai sangat berarti karena kepedulian para relawan terhadap wilayah tersebut, terutama lingkungannya sangat besar dalam menangani bencana kebakaran baik lahan maupun rumah. Pasalnya, jika hanya mengandalkan petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk menangani bencana kebakaran terutama lahan, tidak akan sepenuhnya tertangani.

Karena jumlah personel yang terbatas. “Oleh sebab itu, keberadaan relawan ini sangat membantu pemerintah daerah dalam menangani bencana karhutla. Sebagai bentuk kepedulian terhadap relawan akan kami memberikan asuransi. Sehingga jika terjadi kecelakaan saat kerja, para relawan memiliki jaminan,” sebutnya. Namun lebih lanjut Halikin menegaskan, para relawan yang akan mendapat asuransi, yakni relawan yang dinilai aktif membantu penanganan bencana maupun musibah.

Dalam hal ini mereka yang selalu siaga setiap saat. Pihaknya pun akan segera melakukan inventarisir. “Kami akan beri asuransi bagi mereka yang aktif. Kami akan inventarisir. Maksudnya disini aktif itu bukan aktif memadamkan api tapi aktif siaga terus. Mereka itu akan kami pertimbangkan, jadi kalau terjadi kecelakaan kerja ada asuransinya,” tutupnya.

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments