Nasional

Rendang Babi ??? Gus Dur Pernah Diledek Romo Mangun Ditawari Makan Babi, Skor 1 : 1

Hari-Hari ini publik dikejutkan dengan kehadiran restoran nasi padang yang menjual berbagai lauk dengan bahan utama daging babi, kemunculan restoran bernama Babiambo ini tentu menuai polemik. Warga Minang dibuat geram dan melayangkan protes keras.

Seiring dengan ini, publik kembali mengingat cerita Gus Dur saat diledek dengan daging babi oleh Romo YB Mangunwijaya alias Romo Mangun. Cerita ini bermula saat kedua tokoh agama yang diketahui menjalin persahabatan itu, berada dalam satu pesawat yang sama dari Singapura menuju Jakarta.

Ketika itu, seorang pramugari menawarkan makanan. Romo Mangun langsung memesan makanan favoritnya yakni daging babi. Dia lantas bergurau dengan menawari daging babi pada Gus Dur. “Mari Gus, daging babinya enak lho,” kata Romo Mangun.

Gus Dur yang seorang kiai tahu betul kalau daging babi hukumnya haram bagi seorang Muslim. Dia tentu saja menolaknya. “Maaf Romo, saya tidak boleh makan daging babi,” jawab Gus Dur dengan halus.

Romo Mangun lantas menyayangkan hal ini dengan melemparkan guyonan yang menggoda sambil mengatakan, “Waduh, sayang sekali. Padahal daging babi adalah daging yang paling enak di dunia.”

Mendengar timpalan tersebut, Gus Dur tidak menjawab sama sekali. Dia hanya diam sampai pesawat mendarat di Jakarta. Kedua sahabat itu bergegas menuju gerbang kedatangan. Di ujung jalan, sudah menunggu istri Gus Dur, Ny Hj Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid.

Kemudian, muncul keisengan Gus Dur pada Romo Mangun membalas candaan di atas pesawat. “Romo, saya sudah dijemput istri saya. Lho mana istrinya Romo Mangun?,” tanya Gus Dur dengan nada balik meledek.

Romo Mangun yang merupakan  seorang Pastor Katolik tentu saja menaati segala aturan dan larangan agama, termasuk soal menikah. “Maaf Gus saya tidak boleh punya istri," jawab Romo Mangun.

Balasan Gus Dur pun tidak terduga. Sambil terkekeh, dia mengatakan, “Waduh, sayang sekali romo. Padahal itu adalah daging paling enak di dunia.” Guyonan itu pun membuat skor antara Gus Dur dan Romo Mangun menjadi imbang 1-1.


(BerbagaiSumber/Tinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments