P. Raya

Resmi di buka, Bazar UMKM dan Festival Kesenian Budaya Dayak Pumpung Hai di Palangkaraya

PALANGKA RAYA - Memeriahkan acara Pumpung Hai festival Dayak 2022,  berbagai rangkaian Acara diadakan, diantaranya pameran produk local, Bazar UMKM dan kesenian budaya khas Dayak se-kalimantan.

Pembukaan Pumpung Hai festival Dayak 2022 pada rangkaian acara lainnya yang digelar di Areal Pameran Jalan Temanggung Tilung XIII, Kamis, 28 Juli 2022. dibuka secara resmi oleh Ketua Panitia Pumpung Hai Dre Junaidy, Ketua Harian Dewan Adat Dayak Kota Palangka Raya Mambang Tubil dan Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph.

Masyarakat di Kota Cantik Palangkaraya dapat mengunjungi areal bazar dan pameran. Adapun hiburan rakyat berupa tari-tarian dari sanggar kesenian, lantunan lagu dari artis local, kuliner yang beraneka ragam dan pernak-pernik khas Dayak yang dijual oleh para pengrajin local.

Ketua Harian DAD Kota Palangka Raya, Mambang Tubil mengatakan kegiatan Pumpung Hai dan Festival Dayak 2022 ini merupakan cerminan semangat yang kita bawa dari leluhur masyarakat adat Dayak bersatu padu membangun kekompakan dalam berbudaya Huma Betang dan menjunjung tinggi kehidupan.

Mambang menambahkan dengan adanya bazar UMKM dan pameran produk inovatif/ mampu menjadikan momen untuk membangkitkan kembali roda perekonomian daerah yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. Puluhan stand yang diisi oleh berbagai jenis UMKM dan wahana hiburan rakyat, menurutnya akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah agar lebih maju dan berkembang, baik ditingkat lokal maupun nasional, bahkan internasional.

Ketua DAD Kota Palangkaraya berharap besar jika Pumpung Hai dan Festival Dayak beserta dengan bazar UMKM bisa terlaksana dengan baik, maka setiap tahun akan diadakan kembali. Hal ini bertujuan menjalin silahturahmi dan mempersatukan perjuangan, visi dan misi dalam melestarikan adat istiadat suku Dayak hingga membangkitkan perekonomian UMKM local.

(Surya Adi Winata)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments