P. Raya

Festival 1000 Dohong Setanah Borneo

PALANGKA RAYA - Acara Festival Budaya Dayak Pumpung Hai Tahun 2022, diadakan di bundaran besar , Acara Pembukaan Pumpung Hai Kalimantan Tengah Tahun 2022 dihadiri oleh Presiden Masyarakat Adat Dayak Nasional (MADN); Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kalimantan Tengah. Walikota Palangka Raya, Ketua Dewan Adat Dayak Kalimantan Tengah, Kepala Perangkat Daerah Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah; Tokoh Agama dan Tokoh Adat Kalimantan Tengah dan se Pulau Kalimantan. Pembukaan Pumpung Hai 1000 dohong Kalimantan Tengah Tahun 2022.

Selanjutnya, atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah saya mengucapkan selamat datang kepada Presiden Masyarakat Adat Dayak Nasional (MADN) serta seluruh Peserta  Pumpung  Hai di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila, Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam kesempatan ini juga saya mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia pelaksana, atas terselenggaranya Pumpung hai Ini, atas terselenggaranya Pumpung Hai Kalimantan Tengah Tahun 2022 ini. Dimana kegiatan ini adalah sebuah sarana untuk mengembangkan, melestarikan, serta mempersatukan elemen budaya adat yang ada di seluruh Kalimantan.

Adat budaya kita yang kental dengan kearifan lokal ini dapat menjadi modal dasar untuk mendukung berbagai program pemerintah dalam membangun daerah, yang tentunya diharapkan nanti akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat Kalimantan pada umumnya dan Kalimantan Tengah pada khususnya.

Oleh karena itu, saya sangat mendukung kegiatan ini, karena dapat membangkitkan semangat kebudayaan daerah serta sangat berdampak positif khususnya dalam mengingat kembali tonggak sejarah Suku Dayak, sebagai masyarakat asli Kalimantan terutama di Bumi Tambun Bungai.

Kemudian saya berharap, kegiatan ini juga bisa membangkitkan perekonomian Kalimantan Tengah, terutama untuk para pelaku UMKM dan pedagang kecil, apalagi selama hampir tiga tahun pandemi COVID-19 melanda, yang membuat semua pelaku ekonomi terpuruk.

Sebelum menutup sambutan ini, pada tanggal 28 Agustus 2022 nanti, Provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya Kota Palangka Raya, dipercaya sebagai Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Sepeda UCI Mountain Bike Eliminator World Cup 2022. Event Internasional pertama kali di negara ASEAN ini tentu juga akan mendongkrak pariwisata dan perekonomian, serta mengangkat nama Kalimantan Tengah di mata dunia. Oleh karena itu, mari bersama-sama kita sukseskan dan tunjukkan Kalimantan Tengah dan Kalimantan pada umumnya Siap Mendunia.

Tidak lupa, saya juga mengingatkan bahwa pandemi COVID-19 belum berakhir. Kita semua harus tetap waspada, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan mendukung program vaksinasi sampai booster.

Demikian beberapa hal yang dapat saya di sampaikan pada kesempata yang baik ini,  acara dan kegiatan ini sehingga dapat berjalan sukses dan lancar 

Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirahmanirahim  Festival Pumpung Hai  1000 Dohong se Kalimantan Resmi dibuka. 

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments