Katingan

Riam Jerawi Objek Wisata Alam Wajib di Jaga dan Dilestarikan

KATINGAN – Riam Jerawi yang berada di Desa Baraoi Kecamatan Petak Malay Kabupaten Katingan, wajib di jaga dan dilestarikan.  Dikatakan Bupati Katingan, Sakariyas, Riam Jerawi memiliki daya tarik tersendiri dan belum banyak dikenal orang sehingga untuk pengunjung yang khusus berwisata belum ada. 

“Kalau pengunjung yang sengaja untuk berwisata ketempat tersebut, saya pikir belum ada, hanya mungkin masyarakat kampung yang mendatangi tempat tersebut,” Ungkap Sakariyas, Bupati Katingan. Kamis (15/06/2023).

Disebutkan Sakariyas, Riam Jerawi perlu di jaga, di lestarikan, karena tempat tersebut merupakan anugerah dari Tuhan bagi Kabupaten Katingan.

“Ini adalah aset kita yang sangat luar biasa, kita perlu jaga dan lestarikan sehingga kondisi alamiah yang ada tetap terlindung,” Ujarnya.

Untuk mendatangi tempat tersebut, kata Sakariyas, memerlukan waktu kurang lebih 5-7 jam dari Kasongan Ibu Kota Kabupaten Katingan dengan melalui jalan yang cukup baik.

“Untuk menuju Riam Jerawi, dengan kondisi jalan saat ini, harapan saya, masyarakat Katingan bahkan dari luar Katingan, bisa mengunjungi tempat tersebut hanya dengan menggunakan mobil,” Tuturnya. 

Terkait dengan upaya untuk mengembangkan potensi alam Riam Jerawi, jelas Sakariyas, Pemda akan mengupayakan membuat Kasebo, sehingga saat menuruni Riam Jerawi yang diperkirakan kurang lebih 700 meter dari parkiran kendaraan, ada tempat peristirahatan.

“Direncanakan, kita akan buat Kasebo, sehingga saat turun atau naik Riam Jerawi, ada tempat peristirahatan,” Tandasnya. 

(Novryanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments