P. Raya

Ruselita : Tingkatkan Fasilitas Kesehatan Ramah Anak

PALANGKA RAYA – Wakil Ketua I Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Ruselita, mendorong pemerintah kota agar dapat meningkatkan fasilitas kesehatan ramah anak. Terlebih, pemerintah Kota Palangka Raya, telah meraih predikat Kota Layak Anak (KLA) dengan predikat Madya. Oleh karena itu peningkatan fasilitas kesehatan ramah anak menjadi komitmen pemerintah.

“Anak adalah calon pemimpin masa depan, di tangan merekalah maju-mundurnya bangsa dan negara ini kelak akan ditentukan. Oleh karena itu, kita harus peduli dengan hak-hak anak dan perlindungan mereka,” tutur Ruselita, Selasa 27 September 2022.

Ditambahkannya, salah satu aspek perlindungan dan pemenuhan hak anak yang sangat mendasar, adalah kesehatan. Untuk itu, pelayanan kesehatan ramah anak diperlukan di seluruh fasilitas kesehatan baik rumah sakit, puskesmas, klinik, dan lain sebagainya.

Ada beberapa indikator pelayanan yang harus dikejar untuk menciptakan layanan kesehatan ramah anak, mulai dari SDM terlatih, media dan materi KIE, ruang konseling dan bermain anak, ruang ASI, KTR, sanitasi lingkungan, sarpras disabilitas, cakupan ASI eksklusif, PKPR, mampu tatalaksana KTA, data anak terpilah, pusat informasi, menampung suara anak dan penjangkauan kesehatan,” ucapnya.

Lebih lanjut Srikandi Partai Perindo ini menambahkan, Undang-Undang No 23 Tahun 2002 telah mengatur ikhwal Perlindungan Anak.

“Untuk itu, fasilitas kesehatan rama anak merupakan komitmen yang harus direalisasikan pemerintah untuk mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan anak yang fokus diselenggarakan di unit pelayanan kesehatan,” pungkasnya.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments