P. Raya

Sakariyas Kembali Bertarung di Pilkada Katingan 2024

KATINGAN – Sakariyas memastikan dirinya kembali bertarung pada Pilkada Kabupaten Katingan 2024 sebagai calonkan Bupati Katingan 2025. Sakariyas yang merupakan Petahana, dimanah September 2023 baru melepas jabatan sebagai Bupati Katingan Periode 2018-2023, memastikan kembali mencalonkan diri sebagai Bupati Katingan 2024. 

Dikatakan Sakariyas, alasan untuk kembali mencalonkan diri sebagai Bupati Katingan di Pilkada 2024, pasalnya masih ada pekerjaan yang belum dituntaskan selama periode 2018-2023, karena masa kepemimpinan beliau sempat diperhadapkan dengan Pandemi Covid 19, dan Banjir. 

“Waktu Covid 19 terjadi, akhirnya APBD yang sudah kita siapkan, berdasarkan aturan pemerintah pusat, akhirnya 50 persen anggarannya wajib dialihkan untuk penanganan Covid 19 sehingga ada pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan,” Ungkap Sakariyas saat dijumpai di Sekretariat DPC PDI-P Katingan. Rabu (1/05/2024). 

Setelah Covid, Kabupaten Katingan dilanda banjir, menyebabkan sejumlah kegiatan tidak berjalan sebagaimana diharapkan. 

Masih menurut Ketua DPC PDI-P Kabupaten Katingan terkait kepemimpinannya selama satu periode, sebagai Bupati Katingan, dirinya hanya menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat untuk menilai kinerja yang sudah dilakukan.

“Tentu apa yang sudah saya lakukan selama satu periode, selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, baik dari sisi pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan tidak pernah membeda-bedakan dalam pelayanan kepada masyarakat, namun masyarakatlah yang menilai,” Ujarnya. 

Diakui Sakariyas, dilihat dari APBD Kabupaten Katingan, dibandingkan dengan kebutuhan untuk memenuhi keinginan masyarakat, tentu tidak sepenuhnya terpenuhi, tetapi berbagai kebijakan terus diupayakan tanpa adanya perbedaan. 

“Kalau kita hitung-hitungan untuk APBD, saya kira, yang bisa kita pakai sekitar 30-40 persen karena ada belanja pegawai, ada Dana Desa yang wajib kita berikan dan sisa itulah yang kita gunakan untuk pembangunan,” Tuturnya. 

Bahkan salah satu terobosan yang dilakukan Sakariyas untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, mengacu kepada peraturan yang ada, akhirnya membentuk Badan Pendapatan Daerah atau Bapenda. 

“Inilah salah satu terobosan, semasa kepemimpinan saya yaitu membentuk Badan Pendapatan Daerah dengan tujuan fokus untuk mengali dan meningkatkan PAD dan ternyata hal ini berhasil,” Tandasnya. ‘

 

(Novryanto)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments