P. Raya

Sanggar Kahanjak Huang menampilkan Tari Bahing Gelang Di CFD

Palangka Raya - Dalam rangka memeriahkan Car Free Day (CFD) perdana di Bundaran Besar, Palangka Raya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melalui UPT. Taman Budaya Kalteng menampilkan beberapa atraksi tarian yang dibawakan oleh Sanggar Kahanjak Huang dan Paguyuban Kuda Lumping Margo Rukun Kalampangan, Minggu 13 Maret 2022.

Antusiasme masyarakat pada CFD perdana di 2022 ini cukup tinggi. Masyarakat harus tetap patuh protokol kesehatan sambil menikmati suasana pagi di CFD seraya menyaksikan pertunjukan seni budaya dan atraksi lainnya di area CFD.

Kepala UPT. Taman Budaya Kalimantan Tengah Suraji mengatakan bahwa Taman Budaya mendukung agar para pelaku seni budaya dapat berkreasi lagi karena mereka memiliki kerinduan untuk tampil memberikan pertunjukan seni budaya sebagai  hiburan kepada masyarakat. 

Plt. Kepala Dinas Hj. Adiah Chandra Sari kegiatan ini bisa menjadi momentum untuk menggeliatkan kembali seni pertunjukan budaya yang selama pandemi ini hampir tidak pernah diadakan untuk disaksikan langsung oleh khalayak ramai. Pertunjukan seni budaya ini direncanakan untuk diselenggarakan setiap Minggu pagi di CFD Bundaran Besar.

Salah satu aksi Tarian khas Dayak Maanyan ini menceritakan ungkapan syukur kepada Tuhan karena diberikan keberhasilan dan kelancaran dalam melaksanakan pekerjaan. Unsur suara gelang dadas yang bergemerincing serentak dan harmonis memanjatkan puji syukur kepada Yang Maha Kuasa dan juga memiliki kekuatan untuk mengusir hal-hal jahat.

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments