P. Raya

Satu Persepsi, Sinergitas Membangun Keamanan Menjelang Pesta Demokrasi Dan Persiapan Karhutla

PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur  Kalteng Edy Pratowo menghadiri pada malam akrab Pangdam XII/Tanjungpura (TPR) Iwan Setiawan S.E, MM., dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Daerah XII/TPR Beti Iwan Setiawan, bersama Forkopimda Kalteng dan Anggota Korem 102/Panju Panjung, bertempat di Balai Berkah Makorem, Kamis (20/7/2023).

Dalam sambutannya Gubernur Kalteng yang di wakilin oleh Wagub Edy Pratowo mengatakan " menyambut baik Kunjungan Kerja Pangdam XII/TPR ke Provinsi Kalteng ini, dengan harapan kunjungan tersebut dapat meningkatkan semangat dan menjadi inspirasi bagi seluruh jajaran Korem Panju Panjung, Kodim, dan Koramil di wilayah Kalimantan Tengah, sehingga memperkuat kolaborasi dalam membangun Kalteng.

Pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah Provinsi Kalteng bisa berjalan baik, tidak lepas dari kerja sama dan sinergi yang baik antara Pemerintah Daerah dan Forkopimda, khususnya unsur TNI dalam menjaga keamanan daerah tetap selalu kondusif.

“Provinsi Kalteng  sampai saat ini baru ada 7 Kabupaten dan 1 Kota yang memiliki Kodim (Komando Distrik Militer), kami mendorong dan mendukung pembentukan Kodim di 5 Kabupaten lainnya. Hal ini untuk memaksimalkan peran TNI dalam membantu Pemerintah Daerah dalam menyiapkan potensi pemberdayaan masyarakat untuk pertahanan negara” Ucap Edy."

Edy menambahkan bahwa Kalteng adalah Provinsi terluas di Indonesia, yakni lebih dari 153 ribu Kilometer Persegi, lebih luas dibandingkan Pulau Jawa dengan kekayaan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, mulai dari pertambangan, perkebunan, perikanan, kehutanan, hingga pertanian, dan pesona alam yang luar biasa.

Mengingat luasnya wilayah Kalteng, maka Pemprov membagi menjadi tiga Zona Pembangunan yaitu Zona Barat, Zona Tengah, dan Zona Timur. Untuk Zona Timur meliputi DAS Barito yang berjarak 346 Km menuju Titik Nol Ibu Kota Nusantara, sekitar 7 s.d. 8 jam lewat jalur darat.

Lebih lanjut Edy mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi Kalteng  fokus pada pembangunan sektor infrastruktur, kesehatan, pendidikan, dan perekonomian dalam arti luas, dengan beberapa program strategis pembangunan yang sedang dilaksanakan.

“Menjadi harapan kita bersama, acara malam hari ini dapat mempererat tali silahturahmi dan sinergi antara Pemerintah Provinsi dan Forkopimda Provinsi Kalimantan Tengah dengan Bapak Pangdam XII/ Tanjungpura beserta Jajaran” tutupnya.

Sementara itu Pandam XII/TPR Iwan Setiawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan malam akrab yang dilaksanakan pada malam hari ini, bertujuan untuk silaturahmi dalam rangka kunjungannya selaku Pangdam XII/TPR.

Menurutnya, selama 2,5 bulan telah menjalani sebagai Pangdam XII/TPR, semua kegiatan yang sudah dilaksanakan bisa berjalan dengan lancar, aman dan terkendali, ini semua berkat dukungan dari Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda, ibu-ibu Persit dan seluruh Perwira, Bintara dan Tamtama  serta PNS yang ada di jajaran Korem 102/Panju Panjung.

“Tentunya apa yang sudah dilaksanakan dan dilakukan dan sinergisitas selama ini, harus kita jaga dan harus kita pertahankan, apalagi menjelang pesta demokrasi dan juga kita dihadapkan kepada potensi ancaman bahaya kebakaran hutan dan lahan yang diprediksi bulan Agustus – September, hal ini membutuhkan tenaga, pikiran dan sinergisitas seluruh unsur yang ada, untuk memberikan rasa aman, nyaman di wilayah Kalimantan Tengah” ucap Iwan.

Hadir pada kegiatan malam akrab ini, Sekda Provinsi Kalteng Nuryakin beserta istri, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng Abdul Razak, Danrem 102/Panju Panjung Bayu Permana, serta Jajaran Kodam XII/Tanjungpura.

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments