Business

Seekor Orangutan Jantan Masuk Kepemukiman Warga

PANGKALAN BUN - Seekor hewan primata orangutan jantan berhasil dievakuasi tim rescue orangutan foundation international atau OFI dan Bksda Kalteng Skw 2 P.Bun, dari perkebunan kelapa sawit milik salah satu perusahaan yang berada di kabupaten kotawaringin barat.

Orangutan dengan bobot 83 kilogram nyasar dekat pemukiman warga desa sungai bedaun kecamatan kumai diduga orangutan kelaparan, akibat habitatnya terganggu oleh alih fungsi lahan dari hutan menjadi lahan perkebunan kelapa sawit.

Keberadaan hewan primata orangutan yang dilindungi ini sempatmenggegerkan warga dan pekerja perkebunan plasma kelapa sawit yang sedang melakukan aktivitas, di Desa Sungai Bedaun, kecamatan kumai.

Merasa terganggu dengan keberadaan orangutan pihak perusahaan melaporkan ke petugas tim rescue orangutan foundation international atau OFI dan BKSDA Kalteng Skw 2 P. Bun, setelah mendapat laporan langsung melakukan pemantauan keberadaan orangutan dan berupaya mengevakuasi dengan cara menembakkan obat bius menggunakan alat tradisional berupa sumpit.

Usai dibius orangutan langsung diperiksa kesehatannya dan dilakukan tes antigen dengan hasil negatif. Di tubuh orangutan tidak ditemukan bekas senjata tajam maupun tumpul diketahui orangutan berjenis kelamin jantan tersebut dengan bobot 83 kilogram.

Setelah dinyatakan sehat, petugas langsung, melepas-liarkan orangutan ke taman nasional tanjung puting di kabupaten kotawaringin barat yang merupakan suaka marga satwa untuk orang utan terbesar di dunia.

(Rudi Bintoro)

 

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments