Business

Sekda Pulpis Minta Kinerja OPD Efektif dan Efisien

PULANG PISAU - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) Tony Harisinta mengungkapkan bahwa keberhasilan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) tidak lepas dari kinerja di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang fokus terhadap penyerapan anggaran.

Dengan catatan pelaksanaan kegiatan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

“Fokus kinerja dari OPD sehingga dapat terwujudnya pelaksanaan kegiatan yang efektif dan efisien pada pengunaan anggaran, serta mencegah pemborosan dan penyimpangan anggaran agar memiliki tujuan dan sasaran yang jelas serta berorientasi pada azas manfaat bagi masyarakat,” kata Tony Harisinta.

Ia menjelaskan keberhasilan menjadi jelas dan terukur, serta dapat merealisasikan program kegiatan yang berkaitan dengan pencapaian sasaran dan target penyerapan anggaran menjadi hal yang sangat penting dalam kinerja di masing-masing OPD.

Selain itu, penyerapan anggaran harus menjadi focus perhatian bagi para pimpinan perangkat daerah, karena aampai dengan saat ini penyerapan anggaran masih belum memuaskan, sementara sudah masuk pada bulan ke delapan. Terkait dengan pengadaan barang dan jasa supaya di lakukan proses percepatan sehingga penyerapan APBD menjadi baik. 

“Kinerja di setiap OPD akan berpengaruh. Sejauh mana mampu merealisasikan penyerapan anggaran di setiap OPD serta disamping pelaku barang dan jasa supaya pembelanjaan barang dan jasa tersebut mengikuti mekanisme dan pedoman yang sudah ada," kata Tony.

Menurutnya kebiasaan masih rendahnya serapan anggaran di setiap OPD, di sebabkan dibiarkan tertunda atau sengaja ditunda, tidak dijalankan sesuai dengan progres yang telah dijadwalkan. Program kegiatan akan menumpuk di pastikan berpengaruh pada serapan anggaran, sehingga akan berdampak pada kualitas pembangunan. 

Lanjutnya, hal yang sering terjadi, terkait proses pengambilan uang muka bagi rekanan sebesar 30 persen memakan waktu lama, ini penyebab lemahnya pengawasan di masing-masing OPD. Diharapkan OPD yang memiliki anggaran besar, dapat mempercepat pelaksanaan program kegiatan, sehingga penyerapan anggaran dapat terealisasi.

“Kita mengajak termasuk media agar berama-sama ikut memantau, jangan hanya melihat kondisi fisik di lapangan, akan tetapi juga di pantau kemajuan fisik serta serapan anggaran di masing-masing OPD. Hal tersebut demi terwujudnya pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat sesuai dengan visi, misi kepala daerah yakni Terwujdnya Masyarakat Kabupaten Pulang Pisau Yang Inovatif, Maju, Berkeadilan dan Sejahtera," pungkasnya.

 

(Antang)

 

You can share this post!

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

Ratusan Warga Pengrajin Rotan Kehilangan Sumber Penghasilan

0 Comments

Leave Comments