Barsel

Sekian Kali Tongkang Tabrak Fender Jembatan Kalahien

BUNTOK - Untuk kesekian kalinya kapal tongkang bermuatan batu bara yang melintasi perairan sungai barito persisnya di desa kalhien menabrak tiang penyangga jembatan Rabu 2 February 2023.  

Fender tiang jembatan kalahien tertabrak tongkang batubara. Personel gabungan Polres Barito Selatan Airud Polda Kalimantan Tengah, intel kodim 1012 Barito Selatan langsung turun melakukan cek lokasi tempat kejadian perkara rabu (1/2/2023) sekitar pukul 16.00 wib.

Diketahui tiang fender jembatan yang menghubungkan kota Buntok - Palangka Raya itu patah dan mengalami kerusakan berat akibat benturan tongkang soekawati 303 yang bermuatan seribu tiga ratus metrik ton batu bara yang di langsir dari Barito Utara mengunakan kapal tagbot herlina 105.

Berdasarkan pengakuan rusli selaku kapten tagbot  herlina 005 bahwa kapal yang di nahkodainya tidak kuat menarik tongkang yang melambung ke arah kanan akibat terdorong arus sungai yang sangat kuat dan sebagian dangkal di perairan sungai barito tersebut . 

Sedangkan tagbot herlina yang bertugas mengasis sudah dalam keadaan mesin  seribu lima ratus rpm penuh untuk menarik bagian depan samping tongkang helina 005. Namun akibat arus deras tongkang tersebut menghantam tiang pengaman jembatan kalhien tersebut.

Benturan sendiri persisnya pada jalur lintas yang biasa digunakan untuk lalu lintas kapal, serta melakukan penggolongan dengan pemandu warga setempat dari atas jembatan kalahien tersebut tanpa dibantu kapal assistbot.

Atas kejadian tersebut, sat polairud polda kalteng wilayah barito selatan melakukan evakuasi dan pemeriksaan terhadap nahkoda kapal untuk memastikan penyebab insiden tersebut.

(Ary Mampas)

 


 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments