Nasional

Selama Dua Hari, Presiden Jokowi Berkemah Di Titik Nol Ibu Kota Nusantara Dengan Tenda Sederhana

Presiden Joko Widodo dijadwalkan berkemah di lokasi ibu kota negara (IKN), Sepaku, Kabupaten Penajam Paser (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) tepatnya pada 13 dan 14 Maret 2022.

Jokowi bakal berkemah dan melakukan sebuah ritual bernama Kendi Nusantara. Kegiatan itu akan dilakukan bersama semua Gubernur dari 34 provinsi di Indonesia akan berkumpul di ibu kota negara (IKN), Sepaku, Kalimantan Timur (Kaltim), bersamaan di titik nol IKN, Senin 13  Maret 2022.

Selain diwajibkan untuk mengenakan pakaian adat daerah masing-masing, para gubernur yang hadir diinstruksikan membawa air dan tanah dari masing-masing daerah asal.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, prosesi tersebut diyakini mengandung makna filosofis agar selalu mengingat asal-muasal nenek moyang dan mempertahankan kearifan leluhur yang sudah ada.

Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan, saat ini semua persiapan sarana pendukung menjelang hari H telah matang. Meliputi jaringan listrik, telekomunikasi, persedian air bersih, hingga tenda dan perlengkapan inap Jokowi.

“Nanti hari H semua persiapan sudah 100 persen,” kata dia, dikutip keterangan tertulis Humas Setprov Kaltim, Jumat, 11 Maret 2022.

Presiden Jokowi besok hingga lusa akan berkemah di titik nol ibu kota negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim). Presiden akan menginap di tenda yang sederhana.

“Ketika menginap di IKN ini tentunya apa adanya. Dan Bapak Presiden kami siapkan tenda yang sederhana dan lain-lain. Tentunya tidak mengurangi keamanan beliau,” kata Kasetpres Heru Budi Hartono dalam konferensi pers virtual yang ditayangkan di kanal YouTube Setpres, Minggu, 13 Maret 2022.

Heru Budi menjelaskan untuk keamanan di lokasi Presiden Jokowi kemah adalah tanggung jawab Pangdam Mulawarman dan Kapolda Kaltim. Sedangkan untuk keamanan khusus Presiden berada di tangan Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Seperti diketahui, dalam kegiatan kemah di titik nol IKN Nusantara, Presiden Jokowi juga mengundang seluruh gubernur di Indonesia. Namun tak semua gubernur akan ikut kemah bersama Jokowi.


(BPMI Setpres/Tinus)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments