Barut

Seluruh Perangkat Desa Dibekali Pelatihan Aplikasi Keuangan

MUARA TEWEH - Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat terutama masalah keuangan dan pelaporannya seluruh aparatur Desa dibekali pelatihan systim aplikasi. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di aula Sekolah Tinggi Ekonomi Muara Teweh, Senin 9 hingga 10 Januari 2023. Dalam pelatihan juga melibatkan BPKP provinsi Kalimantan Tengah.

Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra saat membuka bimbingan teknis peningkatan kapasitas aparatur desa dalam bidang pengelolaan keuangan desa dan aset desa berbasis aplikasi SISKEUNDES dan SIPADES mengatakan, aplikasi Siskeundes yang selalu update setiap tahunnya dengan versi terbaru tentu saja harus dipahami dan laksanakan dengan baik.

Demikian juga dengan penertiban pelaporan aset desa melalui aplikasi Sipades yang saat ini dinilai masih belum optimal dilakukan oleh desa dan harus ditingkatkan karena pelaporan aset desa ini merupakan salah satu indikator penilaian tata kelola keuangan desa dalam aplikasi MCP milik KPK.

Lebih lanjut dikatakan Sugianto Panala Putra, Sipades adalah aplikasi resmi yang di-kembangkan oleh Kementrian Dalam Negeri untuk pengelolaan aset desa serta untuk pengadministrasian dan inventarisir aset.

Diantaranya barang milik desa yang berasal dari kekayaan desa, dibeli atau diperoleh atas beban anggaran pendapatan dan belanja desa. Wabup juga berharap,dengan adanya aplikasi ini dapat menertibkan penggunaan aset desa agar dapat berdaya guna dan berhasil guna bagi pemerintahan desa serta mempermudah pemerintah desa dalam menyampaikan laporan kekayaan milik desa.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Suparmi, mengatakan semua ini bertujuan agar perangkat desa mampu meningkatkan keterampilan dalam mengelola kebijakan keuangan.

Agar nantinya berjalan sebagaimana mestinya, tepat sasaran, transparan, partisipatif dan akuntabel serta dilaksanakan secara tertib. Adapun kegiatan ini diikuti dari perwaki-lan 93 desa yang ada di kabupaten Barito Utara.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi kepada aparat desa oleh Kepala BPKP Perwakilan Propinsi Kalimantan Tengah Ari Setiono yang memberikan bimbingan teknis peningkatan kapasitas aparatur desa dalam bidang pengelolaan keuangan desa.

(Syarbani)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments