Seruyan

Sertifikasi Tenaga Konstruksi di Barito Selatan Digarap DPUPR

BUNTOK  - Kepala Bidang Bina Jasa Konstruksi DPUPR Barito Selatan, Hawinu B. Handen mengatakan akan digelarnya kegiatan sertifikasi yang dijadwalkan berlangsung pada 11-12 September 2024. Dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, sedang mempersiapkan sertifikasi bagi tenaga jasa konstruksi di daerah tersebut.

Sertifikasi ini akan dilaksanakan bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah (BJKW) V Banjarmasin, dan ditujukan untuk tenaga jasa konstruksi yang berada pada level lima dan enam. "Tingkat sertifikasi akan disesuaikan dengan kemampuan peserta," jelas Hawinu di Buntok pada hari Senin.

Diperkirakan, sekitar 50 orang tenaga kerja konstruksi dari berbagai badan usaha akan mengikuti kegiatan ini, termasuk beberapa peserta dari DPUPR Barito Selatan. Kegiatan yang direncanakan berlangsung selama dua hari tersebut akan mencakup pembekalan sebelum sertifikasi dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang disiapkan oleh BJKW V Banjarmasin.

Hawinu menekankan bahwa sertifikasi ini penting untuk mengakui kompetensi para peserta. "Harapannya, kegiatan ini dapat membuka peluang kerja yang lebih luas, terutama bagi tenaga kerja konstruksi dari sektor swasta," ujarnya. Dia juga menambahkan bahwa bagi peserta yang berasal dari DPUPR, baik ASN maupun non-ASN, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas mereka sebagai aparatur.

Terakhir, Hawinu menyampaikan bahwa pendanaan untuk kegiatan ini merupakan hasil kerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia melalui BJKW. "Kami sangat berterima kasih kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia yang telah membantu biaya sertifikat dan menyediakan narasumber untuk pembekalan," tutupnya.

 

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments