P. Raya

Siswandi Dorong Pemda Beri Perhatian Pencegahan Rabies

PALANGKA RAYA - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siswandi mengatakan pemda baik provinsi maupun kabupaten dan kota melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) diharapkan dapat memberikan perhatiannya melalui program yang mampu meningkatkan upaya preventif atau pencegahan terhadap rabies.

"Kami minta kepada pemerintah untuk bisa fokus terhadap masalah rabies ini. Apalagi, saya dengar di Barsel sudah menyatakan rabies ini sebagai kejadian luar biasa disana. Ini tentu menjadi warning juga untuk daerah lainnya bahwa rabies ini tidak bisa disepelekan," ucapnya, Sabtu, 30 Juni 2023.

Disisi lain, dirinya menilai sosialisasi akan bahaya rabies belum cukup masif. Padahal sosialisasi merupakan salah satu bentuk kewaspadaan dini yang sangat penting, dimana melalui hal tersebut akan semakin banyak masyarakat yang teredukasi mengenai pencegahan dan penanganan rabies.

Sosialisasi yang diberikan tidak hanya terfokus pada perawatan hewan peliharaan dari rabies. Tetapi juga pertolongan pertama pasca digigit hewan rabies. Apalagi hewan penular rabies seperti anjing banyak berkeliaran di Kalteng, utamanya di perkampungan yang memang jauh dari fasilitas layanan kesehatan.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments